Buat yang Belum Familiar, ini 5 Istilah yang Perlu Anak Komunitas Tahu #1

0
323
5 Istilah Komunitas Motor
Ada beberapa istilah dari komunitas motor yang mungkin belum diketahui anggota baru. Foto: Istimewa

NaikMotor – Bikers Community Suzuki mengungkapkan ada 5 istilah yang wajib diketahui dan dipahami oleh anggota komunitas motor. Apa saja sih kata-katanya? 

Mungkin ada Motoris yang baru bergabung dengan komunitas sepeda motor dan belum familiar dengan beberapa istilah, seperti Sunmori, Tourjib, dan Voorijder. Bagi yang belum tahu, gak usah malu, yuk kita pelajari beberapa istilah yang biasa diucapkan oleh anak komunitas motor sama-sama!

Nah, berikut ini 5 kata istilah yang mungkin asing, unik atau belum terlalu jelas artinya yang kerap diucapkan oleh anggota komunitas motor menurut Bikers Community Suzuki:

  • Sunmori

Mungkin Sunmori sudah sering didengar, ya? Sunmori atau Sunday Morning Ride adalah kegiatan yang dilakukan hari Minggu pagi dan menjadi salah satu aktivitas yang cukup trend di kalangan komunitas roda dua.

Selain sunmori, ada juga Tourjib alias tour wajib yang diikuti oleh anggota komunitas ke tujuan tertentu, dan Tourgab yang berarti touring gabungan. Tourgab biasanya diikuti oleh peserta yang cukup banyak yang berasal dari beberapa anggota komunitas lain.

  • Sweeper

Sweeper bertugas untuk mengawal barisan saat touring dan biasanya dipilih beberapa anggota untuk menjalankan tugas ini. Biasanya, Sweeper berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan, memastikan semua berada di jalur yang benar tanpa melanggar aturan lalu lintas dan tidak ada rombongan yang ketinggalan.

Tak hanya itu, Sweeper juga memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari Voorijder kepada setiap rombongan.

  • Voorijder

Voorijder bertugas untuk menjaga keselamatan anggota di perjalanan seperti Safety Officer. Voorijder harus bisa mengatur formasi, menyesuaikan keceepatan, dan menginformasikan kondisi jalan dengan isyarat atau gestur tubuh.

Voorijder biasanya berada di depan rombongan dan mengemban tugas sebagai pemimpin dan Safety Officer bertanggungjawab untuk memilih jalur terbaik.

  • Safety Officer

Safety Officer sebaiknya diemban oleh orang yang hafal jalan dan seluk beluknya serta paham dinamika perjalanan. Posisi ini bertugas untuk menunjukan arah yang benar dan mengamankan jalan yang akan dilewati rombongan.

Biasanya, Safety Officer diharuskan bisa menentukan jalur perjalanan mana yang paling baik untuk dilalui, serta memilih waktu yang pas dan kebutuhan lainnya untuk touring yang akan dilakukan.

  • Road Captain

Road Captain tugasnya hampir sama dengan ketua kelompok saat touring dan bertanggungjawab penuh atas kelancaran dan keselamatan seluruh anggota yang ikut dalam perjalanan.

Road Captain juga bertanggungjawab untuk urusan administrasi, mulai dari surat izin, tiket masuk tempat tujuan, hingga hal lain yang memerlukan kelengkapan berupa surat atau dokumen lainnya.

Itu dia beberapa istilah yang mungkin akan sering didengar saat berkumpul atau hendak touring bersama komunitas motor yang Motoris ikuti. Jangan lupa untuk tetap selalu berhati-hati, ya! (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*