Mulai 2022, FIM Akan Terapkan Panel Lampu Homologasi di MotoGP

0
MotoGP Portugal 2021
Sinyal bendera digital. Foto: aesys

NaikMotor – FIM telah mengumumkan bahwa pada musim 2022, seluruh sirkuit balap Internasional harus memasang panel lampu trackside. Ini berlaku untuk MotoGP, WorldSBK, dan Endurance.

Panel lampu homologasi T1 dan T2 ini akan menampilkan informasi keselamatan penting seperti bendera kuning atau merah, plus informasi cuaca jika trek dilanda hujan.

Menurut FIM, saat ini baru ada satu produk panel lampu yang sudah lulus tes homologasinya, yakni EM Motorsport. Perusahaan asal Inggris ini telah melewati persyaratan FIA untuk panel lampu T1 dan T2.

Tetapi saat ini FIM telah mengumumkan bahwa panel 768-G2 milik perusahaan Spanyol, Pixelcom, juga telah melewati tes luminance dan koordinat warna yang diperlukan dan akan segera diterapkan di Sirkuit Assen.

“Kami benar-benar bangga menjadi perusahaan pertama di dunia yang memiliki panel lampu homologasi FIM. Kami telah memasang unit pertama kami lebih dari sepuluh tahun lalu dan sejak itu banyak perbaikan telah diperkenalkan dan banyak sirkuit menggunaan solusi terbaik kami,” kata CEO & Co-Founder Pixelcom, Hector Llop.

Penerapan sistem panel lampu ini untuk membantu mengatasi masalah pembalap yang kesulitan melihat bendera yang dikibarkan di beberapa pos marshal trackside.

“Tujuan kami adalah untuk memberikan peralatan dan layanan terbaik untuk semua fasilitas yang membutuhkan teknologi ini, untuk meningkatkan keselamatan dan operasi jalur di era baru sepeda motor,” ucap Hector Llop.

Persyaratan panel lampu MotoGP ini sebelumnya sudah diterapkan di F1. Sistem ini nantinya akan diterapkan di sirkuit FIA Grade 1 atau FIM Grade A. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY