Renovasi Rampung, Begini Penampilan Baru Tikungan 10 Sirkuit Catalunya

0
54
Tikungan 10 Sirkuit Catalunya
Penampilan baru tikungan 10 Sirkuit Catalunya. Foto: Twitter/@Circuitcat_eng

NaikMotor – Selama kurang lebih satu bulan, renovasi tikungan 10 Sirkuit Catalunya akhirnya rampung. Begini penampilan barunya setelah renovasi.

Sebelumnya Sirkuit Catalunya merenovasi tikungan 10 dengan alasan keselamatan berlangsungnya MotoGP 2021. Perubahan tidak dilakukan secara keseluruhan, hanya merubah lay-out tikungan 10 saja.

Tikungan 10 Sirkuit Catalunya

Renovasi dilakukan pada 11 Januari 2021 lalu, dan selesai pada 1 Februari lalu. Meskipun telah selesai direnovasi, namun hingga saat ini tikungan 10 tersebut masih terus dilakukan uji coba untuk memastikan keamanannya.

Menurut General Manager Sirkuit Catalunya, Josep Lluis Santamaria, perombakan sirkuit 10 ini untuk menyesuaikan dengan standar baru lintasan Formula 1. Pasalnya, sebelumnya tikungan 10 sirkuit ini terbagi menjadi dua tipe, pertama untuk Formula 1 dan kedua untuk Formula 1.

Tikungan 10 Sirkuit Catalunya

“Kami hanya melakukan penyesuaian lane, sementara untuk sistem drainasenya masih seperti yang lama. Nantinya akan ada penyesuaian drainase dengan lane,” ujarnya.

Tingkat keamanan antara tikungan 10 dan 11 juga ditingkatkan dengan dibuatnya area run off yang lebih lebar. Lalu dibuat juga area kerikil yang dikhususkan agar pembalap tidak mencapai dinding saat terjatuh.

Tikungan 10 Sirkuit Catalunya

Hasil renovasi ini akan terus diuji coba hingga sesuai dengan kebutuhan race MotoGP. Nantinya sirkuit ini diharapkan bisa kembali digunakan untuk private test dan balap MotoGP 2021 pada 6 Juni mendatang. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*