Buell Motorcycles Comeback Tanpa Erik, Sang Founder Pun Fokus Elektrifikasi

0
39
Erik Buell
Sportbike listrik Fuell Flow buatan Erik Buell CS. Foto: Fuell

NaikMotor – Tanpa Erik Buell, Buell Motorcycles dilaporkan akan segera comeback dengan proyek anyar dan pindah tangan. Buell selaku pendiri kabarnya sekarang akan lebih fokus kepada Fuell. 

Diwartakan oleh Motoblog, Buell Motorcycles dinyatakan akan segera kembali menyapa dunia sepeda motor dengan kepemilikan dan proyek terbaru. Buell sendiri digosipkan akan memboyong 10 model ke pasaran antara tahun 2021 dan 2024. Namun, rupanya comeback Buell kali ini tidak melibatkan sang founder.

Erik yang merupakan mantan karyawan Harley-Davidson mendirikan Buell Motorcycles pada tahun 1983. Kemudian 10 tahun setelahnya, Buell diakusisi oleh Harley-Davidson sebanyak 49% dari investasi setengah juta dollar pada merk tersebut, dan kelebihannya diambil alih pada 1998. Tahun 2009, HD mengumumkan produksei model Buell dan Erik pun mendirikan Erik Buell Racing pada 2010. Sayangnya, EBR telah ditutup pada April 2015 silam.

Setelah melikuidasi Buell Motorcycles tahun 2009, Liquid Asset Partners yang dipimpin Bill Melvin memutuskan untuk mempertahankan merk tersebut dan mendapatkan hak untuk nama perusahaan asli.

Di bawah naungan Bill Melvin, Buell yang baru nampaknya memiliki tujuan untuk memproduksi berbagai jenis kendaraan roda dua, baik itu elektrik, cruiser, dirt bike, sport bike, dan dual-sport.

Sementara itu, Erik tidak memiliki peran apapun meski ada tawaran yang diberikan oleh Melvin. Erik menyampaikan bahwa dirinya ingin mengabdi secara eksklusif untuk proyek barunya, yaitu Fuell yang berkecimpung di dunia motor dan sepeda listrik.

“Saya tidak terlibat dengan merek EBR atau Buell, yang dimiliki oleh Liquid Asset Partners (LAP) Michigan. Apa yang akan mereka lakukan dengannya masih harus dilihat, dan mudah-mudahan semuanya berjalan dengan baik, tetapi kali ini saya bukan bagian darinya. Saya akan menghargai jika LAP berhenti menggunakan nama pribadi saya, Erik Buell, dalam pesan mereka,” ujarnya seperti yang dilansir dari situs Motoblog.

“Bagaimanapun, jika saya tidak dapat menghentikan ini, saya hanya ingin diketahui bahwa saya secara pribadi tidak terkait dengan perusahaan yang tidak memiliki keterlibatan bisnis atau rekayasa yang sama dengan saya. Masa depan Erik Buell adalah bersama Fuell,” tegasnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*