Aprilia RSV4 2021 Resmi Mengaspal, Tenaganya Cukup untuk TrackDay

0
Aprilia RSV4 2021
Aprilia RSV4 2021. Foto: MCN

NaikMotor – Aprilia resmi meluncurkan RSV4 2021 dengan desain aerodinamis baru dan mesin yang lebih powerful. Superbike ini diklaim punya efisiensi aerodinamis 11% lebih baik dari versi lamanya.

Tampilan fascia motor ini juga terlihat lebih baru dengan penyematan winglet baru khas MotoGP. Namun lampu utamanya masih mirip dengan RSV4 versi lawas dengan penggunaan 3 cluster lampu, bedanya kini semua lampu pada motor ini sudah menggunakan LED dan DRL.

Aprilia RSV4 2021

Para insinyur Aprilia mendesain motor ini dengan mengadopsi sisi aerodinamis motor MotoGP. Dengan demikian, RSV4 2021 ini bisa digunakan untuk trackday. Bahkan beberapa komponen yang tidak diperlukan, seperti spion, step belakang, dan pelat nomor dicopot untuk memberikan aerodinamis yang lebih baik.

Dari sektor dapur pacu, super bike ini dibekali mesin V4 berkapasitas 1.099cc yang sudah berstandar emisi Euro5. Di atas kertas, motor ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 217 daya kuda pada putaran mesin 13.000 rpm dan torsi puncaknya 125 Nm di 10.500 rpm. Tidak tanggung-tanggung, mesin ini mampu menghasilkan kecepatan maksimal hingga tembus 305 km/jam.

Aprilia RSV4 terbaru ini juga dibekali dengan sejumlah fitur dan teknologi canggih. Misalnya suspensi semi-aktif tipe Smart EC 2.0 besutan Ohlins. Kemudian juga ada sistem Aprilia Performance Ride Control (APRC) yang kini digunakan pada motor balap Aprilia.

Aprilia RSV4 2021

Adapun paket APRC ini terdiri atas Traction Control, Aprilia Engine Map, Aprilia Engine Brake, Aprilia Wheelie Control, Aprilia Quick Shift, Aprilia Pit Limiter, Aprilia Cruise Control, dan Aprilia Engine Map. Tidak hanya itu, sistem pengereman motor ini juga sudah mengusung multi-map ABS garapan Bosch.

Aprilia RSV4 2021 hadir dalam dua versi, yakni versi standar dengan warna Dark Losail dan versi Factory dengan warna Aprlia Black/Lava Red. Sayangnya belum ada informasi mengenai harga resmi dari super bike ini. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here