Hantui Pembalap MotoGP, Sebenarnya Apa itu Arm Pump?

0
Arm Pump
Fabio Quartararo jalani operasi Arm Pump. Foto: MotoGP

NaikMotor – Masalah “ArmPump” kerap menimpa pembalap MotoGP dan membuat performa mereka tidak maksimal, serta harus dioperasi. Sebenarnya, apa itu arm pump dan apa yang dirasakan para rider? 

Kasus arm pump menjadi salah satu permasalah utama bagi pembalap sepeda motor modern. Lewat informasi yang dirilis langsung oleh situs resmi MotoGP, Mayo Clinic menjelaskan bahwa ini adalah kondisi di mana otot dan saraf yang terinduksi karena olahraga dan menyebabkan rasa sakit, bengkak, serta kadang ada cacat pada otot-otot kaki atau lengan yang mengalaminya.

Pompa lengan ini dapat terjadi pada siapa saja, tapi yang lebih sering, terjadi pada pelari dewasa, muda, dan atlet yang berpartisipasi dalam aktivitas berulang, seperti pembalap Grand Prix salah satunya.

Saat berolahraga, volume otot membesar. Untuk pembalap MotoGP di semua kelas, lengan bawahnya bekerja keras selama balapan atau sesi latihan, terutama saat pengereman. Armpump terjadi saat jaringan yang membungkus otot atau fasia, tidak berkembang bersama otot. Hal ini menyebabkan tekanan dan rasa sakit yang parah.

Alasan ini menjadi penyebab mengapa Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) jadi lebih lambat performanya di MotoGP 2021 Jerez beberapa waktu lalu. Rasa sakit yang ia rasakan terukir jelas di wajahnya, terlihat dari kamera onboard. Padahal, rekan Maverick Vinales ini tidak ada mengalami masalah sepanjang akhir pekan, namun tiba-tiba di Hari H, armpump datang menyiksanya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY