Finish 10 Besar di Valencia, Mario Aji Pertahankan Posisi 4 Klasemen CEV Moto3 2021

0
90
Mario Suryo Aji
Mario Suryo Aji saat berlaga di CEV Moto3 Valencia 2021. Foto: AHRT

NaikMotor – Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Mario Suryo Aji berhasil meraih hasil positif di dua balapan Moto3 Junior World Championship atau CEV Moto3 yang digelar di Valencia, Spanyol, Minggu (9/5/2021).

Mario Aji sukses finish di posisi ke-8 dan ke-5 pada dua balap yang digelar akhir pekan kemarin. Berkat raihannya tersebut, pembalap muda Indonesia ini mampu mempertahankan posisinya di peringkat 4 klasemen sementara CEV Moto3 2021.

Pembalap berusia 17 tahun ini memang harus start di posisi 14 setelah tidak mampu tampil maksimal di sesi latihan bebas dan kualifikasi. Saat awal balapan, Mario juga sempat tertinggal dari grup depan, bahkan hingga keluar dari top 20.

Mario Suryo Aji

Namun sedikit demi sedikit, Mario mampu tampil tenang dan merangsek masuk ke grup kedua. Hingga akhirnya berhasil menyelesaikan balapan di posisi 8.

“Pada balapan pertama, saya melakukan start yang kurang sempurna, sehingga saya kesulitan mendapatkan kecepatan yang bagus, karena harus melewati banyak pebalap,” kata Mario SA.

“Dengan kondisi saya memulai balapan dari posisi ke-14, grup pertama langsung melaju sejak start dan mulai membuka jarak dan itu menjadi tantangan yang berat buat saya untuk bisa mendekat. Hal positifnya, saya akhirnya bisa finis di posisi kedelapan,” tambahnya.

Kemudian pada balapan kedua, ada insiden red flag sebelum lap pertama berakhir. Alhasil start harus diulang dan balapan dikurangi menjadi 12 lap.

Mario Suryo Aji yang berhasil melakukan start dengan baik, mampu menerobos beberapa posisi saat awal balapan. Dirinya juga mendapat keuntungan setelah beberapa pesaingnya mengalami crash dan Mario sukses masuk ke top 10. Hingga menyentuh garis finish, Mario berhasil bertahan di posisi 5.

“Pada balapan kedua, suhu aspal sangat tinggi, tetapi saya memulai balapan dengan lebih baik dan juga lebih cepat. Saya fokus untuk tidak melakukan kesalahan. Pada akhirnya saya finis di posisi kelima, dan bisa mempertahankan posisi di peringkat keempat klasemen sementara,” ujarnya.

Mario Suryo Aji

Saat ini Mario SA bertengger di posisi 4 klasemen sementara CEV Moto3 2021 dengan torehan poin raihan 32 poin, tertinggal dua angka dari pebalap di posisi ketiga.

Putaran ketiga musim ini akan digelar di Barcelona pada 13 Juni mendatang. Dengan dua balapan yang akan berlangsung di Barcelona, Mario berharap bisa tampil maksimal dan meraih poin penuh.

“Pada balapan berikutnya saya harus berusaha lebih keras pada sesi kualifikasi untuk mendapatkan posisi start yang bagus dan bisa bersaing untuk mendapatkan podium,” pungkasnya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*