Italdesign Ungkap Paten Sabuk Pengaman Pintar untuk Sepeda Motor

0
39
Italdesign
Paten sabuk pengaman pintar untuk sepeda motor garapan Italdesign. Foto: Rideapart

NaikMotor – Perusahaan desain asal Italia, Italdesign mengungkapkan sebuah paten baru sabuk pengaman pintar untuk sepeda motor. Paten ini berfokus pada sistem keselamatan saat mengendarai motor.

Italdesign terkenal dengan sang desainer, Giorgetto Giugiaro. Dirinya merupakan orang dibalik tampilan apik Ducati 860 GT da Suzuki RE5. Tidak hanya itumm Giugiaro juga pernah bekerja sama dengan VW, Lotus, Nikon, dan juga Seiko.

Italdesign

Paten sabuk pengaman pintar ini diterbitkan pada 22 April 2021. Dalam tampilannya, sabuk pengaman ini menggunakan kursi backrest yang kaku dan beberapa harness, yang berguna mengamankan bagian punggung dan bahu. Kursi yang dilengkapi sabuk pengaman ini juga mudah dipasang di motor dan tidak mengganggu gerakan pengendara.

Saat terjadi kecelakaan biasanya pengendara akan melepaskan motornya atau mungkin bisa terlempat dari motor. Kursi sabuk pengaman ini juga sudah didesain menggunakan perangkat lunak agar bisa mendeteksi waktu terbaik untuk melepaskan alat dari motor.

Italdesign

 

Tidak hanya akan melepaskan kursi, sistem yang didesain Italdesign ini juga memungkinkan kursi sabuk pengaman untuk mengunci di tempat untuk menghindari tabrakan tambahan dengan kendaraan itu sendiri. Bahkan saat mengalami kecelakaan tingkat tinggi, sistem sabuk pengaman ini bisa meminimalisir terjadinya cedera.

Saat ini sistem sabuk pengaman garap Italdesign ini masihi sekadar paten. Saat sudah diproduksi nanti, mungkin sabuk pengaman ini bisa mengurangi angka cedera atau kematian yang disebabkan oleh kecelakaan. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*