Setelah Berkendara Jarak Jauh, Rawat Motor dengan Perhatikan Hal ini

0
Perawatan Sepeda Motor
Bengkel Yamaha Thamrin Brothers tawarkan promo menarik untuk pelanggan yang servis di sana pada bulan Mei 2021. Foto: Istimewa

NaikMotor – Setelah berkendara jarak jauh, melakukan perawatan sepeda motor merupakan hal yang penting agar kondisi kendaraan tetap baik. Apa saja hal yang harus diperhatikan? 

Perawatan sepeda motor setelah melakukan perjalanan jarak jauh diperlukan untuk memastikan agar kendaraan dalam kondisi yang baik dan memiliki performa maksimal.

“Bagi pengguna sepeda motor, setelah berkendara jarak jauh baiknya memperhatikan perawatannya. Untuk itu, kami memberikan beberapa poin yang perlu diperhatikan supaya kondisi motor terjaga baik dan dapat dipergunakan untuk mendukung aktivitas. Semoga dapat bermanfaat agar selalu enjoy berkendara,” ujar Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan sepeda motor setelah menempuh jarak yang jauh:

  • Oli

Pengecekan oli atau bahkan pergantian oli mesin diperlukan apalagi setelah menempuh perjalanan jauh. Untuk oli mesin, direkomendasikan untuk setiap 2.000 km. Selain oli mesin, oli yang perlu dicek juga adalah oli gear, terutama di kendaraan matik. Untuk oli matik masa pergantiannya tiap 10.000 km dan wajib menggunakan pilihan oli yang tepat dan sudah teruji, contohnya Yamalube serta sesuai dengan tipe motor.

  • Filter Udara

Kondisi jalan yang berdebu membuat filter udara jadi cepat kotor. Filter udara dapat dibersihkan saat servis, sementara untuk pergantiannya dianjurkan setiap 15.000 km. Namun jika pemakaian dalam kondisi ekstrem dan penggunaan terlalu sering atau lama, semakin cepat diganti akan semakin baik.

Perawatan Sepeda Motor

  • Busi

Untuk pengecekan busi, banyak motor kurang performa bahkan mati karena kurangnya perawatan busi. Busi dapat dibersihkan saat servis dan jika sudah lebih dari 6.000 km, maka busi wajib diganti.

  • Ban

Cek pola kembang ban serta tekanan udaranya, karena jika pola kembang ban habis karena terpakai / tipis ditambah tekanan udara tidak standar, hal tersebut dapat membahayakan. Cek kondisi ban setiap 12.000 KM atau 1 tahun pemakaian, jika kurang bagus dapat segera diganti dan tentunya dengan tekanan udara yang sesuai spesifikasi dari ban tersebut.

  • Gear sprocket dan rantai

Khusus tipe motor manual, cek kondisi gear dan rantai apakah kendor atau terlalu kencang. Rantai yang terlalu kendor atau kencang dapat merusak beberapa sistem gear serta membahayakan. Untuk tipe matic, dapat cek di bagian CVT dan V-Belt. Sementara itu, ntuk masa pemakaiannya adalah 25.000 km, jika sudah masuk di waktu tersebut disarankan untuk segera diganti.

  • Injector

Saat bepergian jauh biasanya sering mengisi bahan bakar eceran di pinggir jalan. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah, namun kita tidak tahu kandungan dalam bahan bakar tersebut bagus atau tidak. Oleh karena itu, saat servis wajib melakukan pengecekan injeksi khusus injector. Yamaha merekomendasikan agar setiap 10.000 km melakukan rutin pembersihan injector.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu servis di bengkel resmi Yamaha, karena selain dijamin kualitas dan garansinya, setiap bulan di bengkel Yamaha Thamrin Brothers selalu ada promo menarik.

Di bulan Mei 2021 ini, ada promo servis berhadiah sembako. Cara mendapatkannya adalah dengan belanja dalam nominal tertentu dan langsung dapat sembako gratis. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY