Eropa Tentukan Standar Riding Gear

0
218
RidingGearEropa
Eropa akan memberlakukan standar riding gear. Foto: Motorcyclistonline

London (naikmotor) – Berdasarkan keputusan Parlemen Eropa tanggal 20 Januari 2016, maka semua perlengkapan pelindung bersepeda motor kelak wajib memenuhi standar Eropa. Seperti yang dipublikasikan oleh Federation of European Motorcyclists’ Associations (FEMA) beberapa waktu lalu.

Maka kelak, semua riding gear yang dijual di Eropa wajib memenuhi standar keselamatan dan paling tidak mampu memberikan perlindungan terhadap goresan dan hantaman. Tetapi tidak berarti setiap pengendara wajib hanya menggunakan perlengkapan pelindung yang disyaratkan itu. Peraturan itu hanya tentang penjualan perlengkapan pelindung dan bukan penggunaannya.

Sebagaimana diketahui, selama ini hanya sarung tangan, sepatu dan pelindung terhadap impact saja yang dianggap sebagai protective gear dan diatur dalam beberapa standar. Kecuali helm dan goggle yang tidak termasuk regulasi itu sebab sudah diatur dalam regulasi UN ECE no 22.

Kini, peraturan baru itu menetapkan semua riding gear yang termasuk dalam protective personal equipment (PPE), wajib memenuhi regulasi.
Maka boot dan glove, nantinya wajib memiliki label yang menunjukkan kalau mereka memenuhi standar Eropa, dan tingkat perlindungan yang dimiliki. Termasuk informasi tentang perawatan, penyimpanan dan penggunaannya.

Tetapi bagaimana standar pasti dan jangka waktu penerapannya belum ditentukan. Sebab itu akan mengubah banyak regulasi yang sejalan dan butuh waktu tahunan mewujudkannya.

Sekjen FEMA, Dolf Willigers, menyatakan, “Ketika semua gear memenuhi standar, kita akan tahu seberapa besar perlindungan yang didapat. Memang perlindungan konsumen yang kita tahu belum jelas selama ini. Tentunya standar baru akan memenuhi kebutuhan pengendara, tetapi dengan informasi yang ada hal itu baru wacana. Sepertinya penguasa Eropa tidak akan memaksa pengendara menggunakan hanya gear yang memenuhi standar, dan itu sesuatu yang masih kita perlukan.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*