Pesona Eksotis Desa Wisata Posong Temanggung di Antara Dua Gunung

0
1330
Desa Wisata Posong Temanggung
Desa Wisata Posong Temanggung. Foto: Arif

NaikMotor – Rombongan Wonderful Ride di hari kedua (16/6/2021) menyambangi Desa Wisata Posong Temanggung, Jawa Tengah yang memiliki panorama alam menakjubkan.  Mereka juga meresmikan fasilitas toilet serta melakukan penanaman pohon

Desa Wisata Posong Temanggung yang terletak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini berada di tengah dua gunung, yaitu Sindoro dan Sumbing. Berada di dataran tinggi, Desa Wisata ini memiliki udara yang sejuk khas pegunungan dan dari sana akan terlihat pemandangan dari pegunungan lainnya, seperti Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran jika cuaca sedang cerah.

Kedatangan romboongan Wonderful Ride disambut komunitas motor local mulai jenis 2 tak hingga  dirtbike. Dari jalan raya menuju destinasi wisata Posong  jarak yang ditempuh lumayan jauh dengan jalanan batu dan menanjak namun tetap menghadirkan pemandangan alam indah.

Tora Sudiro dan Darius Sinathrya bersama Satgas Jamban Jateng DIY melakukaan pengecekan fasilitas toilet di lokasi dilanjutkan dengan penanaman pohon. Hal ini dimaksudkan agar ekosistem dunia pariwisata tetap terjaga dari kelestarian lingkungan yang menjadi ciri khas Posong di antara dua gunung besar. Dua selebritas tersebut sekaligus melakukan sosialisasi penerapan CHSE sambil menikmati kopi dan makanan ringan.

Dilansir dari situs Desa Wisata, nama Posong berasal dari kata kosong karena awalnya tempat ini merupakan pos kosong yang pernah dimanfaatkan oleh Pangeran Diponegoro. Pos tersebut dibuat untuk mengelabui penjajah Belanda agar menyergap pos kosong. Saat ini, pos tersebut tidak kosong lagi karena telah menjadi tempat wisata fenomenal di Temanggung.

Berlokasi di lereng Gunung Sindoro, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan dapat menyaksikan sunrise dan sunset. Tidak perlu khawatir untuk mencari tempat bermalam karena di sana ada banyak penginapan dan homestay. Selain itu, bisa juga membawa tenda dan perlengkapan sendiri dari rumah.

Seperti yang diinformasikan oleh Desa Wisata, untuk masuk ke Desa Wisata Posong hanya perlu membayar Rp 7000/orang dan itu sudah termasuk ongkos parkir wisata.

Acara Wonderful Ride besutan Kemenparekraf dan NaikMotor ini mendapat dukungan dari Mitsubishi Motors Indonesia, PT Pegadaian (Persero), Adira Insurance, Yellow Corn Indonesia, RRMF, Riderspot, Riple Motorental, Benelli Motor Indonesia, Belajar Helm, LA 32 Riders dan Satgas Jamban Jateng DIY.  (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*