Dengan Motor Baru yang Efisien, Energica Sasar Asia Akhir Tahun

0
Motor Energica Baru
Motor EMCE Energica yang lebih efisien dan ringan bertenaga. Foto: asphalt & rubber

NaikMotor – Produk Energica sudah dikenal melalui MotoGP Listrik dalam 3 musim terakhir. Kini pabrikan sepeda motor listrik Italia itu menghadirkan motor Energica baru yang lebih ringan tetapi lebih bertenaga.

Kabarnya, motor Energica baru itu untuk diterapkan pada model-model 2022. Motor listrik itu dikembangkan bersama perusahaan rekayasa Italia, Mavel, sehingga motor akan disebut sebagai motor listrik EMCE atau “Energica Mavel Co-Engineering”.

Motor baru itu mampu menghasilkan 126 kW atau setara 169 daya kuda, generasi sebelumnya hanya menghasilkan 110 kW. Selain itu, motor berpendinginan cairan itu lebih ringan 10 kg sehingga akan mampu menambah jarak tempuh 5-10%.

Beberapa poin inovasi penting motor EMCE di antaranya: geometri rotor dan stator inovatif sehingga mengurangi energy loss, sistem pendinginan yang memungkinkan ada aliran udara di sekitar rotor, algoritma kontrol adaptif yang memungkinkan inverter tetap bekerja agar sistem efisien, dan adanya sensor yang bisa memprediksi kemungkinan mekanikal error. Kabarnya, motor EMC akan segera diperkenalkan di Eropa dan Amerika, kemudian Asia di akhir tahun.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here