Perpanjangan SIM Ditiadakan Selama PPKM Darurat, Polda Metro Jaya Beri Dispensasi

0
Biaya Pembuatan SIM
Ada tiga penggolongan, biaya pembuatan SIM C sama. Foto: NTMC Polri

NaikMotor – Selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat 3-20 Juli 2021 Polda Metro Jaya meniadakan layanan perpanjangan SIM. Untuk itu, Polda Metro Jaya memberikan dispensasi perpanjangan akibat layanan perpanjangan SIM ditiadakan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan pihaknya akan memberikan dispensasi waktu perpanjangan selepas masa PPKM Darurat. Adapun waktu dispensasi yang diberikan sekitar 7 hari.

Perpanjangan SIM
Perpanjangan SIM ditiadakan Polda Metro selama PPKM Darurat,tetapi ada dispensasi. Foto: istimewa

“Terkait pelayanan SIM dan perpanjangan, bagi masyarakat yang habis masa berlakunya mulai dari 3-20 Juli 2021 maka dapat diperpanjang pada tanggal 21-27 Juli dengan mekanisme perpanjangan,” ungkap Kombes Pol Sambodo kepada wartawan, Jumat (2/7/2021) seperti dikutip dari situs NTMC Polri.

Menurut Kombes Pol Sambodo, kebijakan peniadaan layanan perpanjangan SIM tersebut dilakukan untuk mencegah adanya kerumunan di masa PPKM Darurat.

“Ini untuk mengurangi antrian (kerumunan perpanjangan SIM),” ujar Kombes Pol Sambodo.

Lebih lanjut, Kombes Pol Sambodo menjelaskan bagi masyarakat yang tidak melakukan perpanjangan SIM pada masa dispensasi, maka wajib menjalani penerbitan SIM baru. Sementara, untuk pelayanan pembayaran pajak, kepolisian masih melakukan pembahasan.

“Bagi yang habis masa berlaku SIM-nya ditanggal tersebut, dan tidak melakukan perpanjangan. Maka akan melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru,” tukas Kombes Pol Sambodo.

“Untuk pembayaran pajak, mekanismenya masih didiskusikan,” pungkas Kombes Pol Sambodo.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here