Ducati Bakal Menerapkan Seamless Gearbox Pada Model Superbikenya?

0
50
Ducati Seamless Gearbox
Ducati akan menerapkan Seamless Gearbox pada superbike 2022? Foto: ducati

NaikMotor – Transmisi tanpa jeda sudah umum digunakan tim MotoGP termasuk oleh Ducati. Kabarnya, Ducati seamless gearbox bakal diterapkan pada model yang dipasarkan.

Seamless gearbox diterapkan oleh tim-tim balap MotoGP sebagai tanggapan terhadap larangan penggunaan transmisi dual-clutch. Seamless gearbox memungkinkan perpindahan gear lebih cepat. Karena saat tuas pemindah gear dioperasikan, 2 rasio gear sudah tertautkan, dan salah satu rasio akan terlepas dengan sendirinya saat akselerasi, baik saat upshifting maupun down shifting.

Berbeda dengan gearbox konvensional, ada jeda transmisi tenaga mesin saat perpindahan. Sehingga jika saat upshifting maka ban belakang menerima torsi besar mendadak, yang membuat sepeda motor mengalami spin bahkan wheelie.

Kabar soal Ducati seamless gearbox yang diberitakan media Visordown itu didasarkan atas dokumen paten yang bocor. Kabarnya, sistem pemindah gir tanpa jeda itu bakal diterapkan pada model superbike Ducati mendatang. Mungkin model 2022 atau 2023? (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*