WMC250EV e-Sportbike Paling Aerodinamis, Tapi Ergonomikanya Hanya Buat Perancangnya

0
17
WMC250EV e-Sportbike Paling Aerodinamis
WMC250EV e-Sportbike dengan coefficient drag 0,118. Foto: wmc, atlas

NaikMotor – Sebuah sepeda motor listrik diklaim sebagai yang paling kecil hambatan anginnya. Sehingga WMC250EV e-sportbike paling aerodinamis dengan coefficient drag 0,118.

Sepeda motor sport listrik yang dirancang Perusahaan Inggris White Motorcycle Concepts (WMC) berpenggerak 2 roda (2WD) itu dirancang di terowongan angin. Sehingga WMC250EV e-sportbike paling aerodinamis itu memiliki pengurangan hambatan hingga 69%.

Maksimalisasi aerodinamika WMC250EV itu tujuannya untuk memecahkan rekor kecepatan, targetnya 402 km/jam. Perancang dan pemiliknya adalah Rob White yang telah seperempat abad berkutat di dunia balap ketahanan LeMans, F1, dan supercar V8.

Dalam motorsport, hambatan udara adalah tantangan terbesar sebab banyak daya kuda yang terbuang untuk melawannya selain panas komponen penggerak. WMC250EV telah dirancang khusus untuk pengendaranya, tidak lain adalah Rob White sendiri.

Untuk itu, bodi sportbike itu dirancang dan dipindai sedemikian rupa dengan laser dengan White duduk menunduk lengkap dengan riding gear. Sehingga menghasilkan kontur setipis 1 mm dari tubuhnya.

Mengatasi hambatan pada sistem roda depan, maka kemudi menggunakan sistem hidrolik bukan mekanis konvensional, sehingga tidak ada celah udara masuk. Suspensinya double swingarm dengan maksud sama.

WMC250EV e-sportbike paling aerodinamis digerakkan sepasang motor 30kW dengan penerus daya ke roda belakang, rantai. Sedangkan untuk roda depan dengan sepasang motorhub masing-masing 20 kW. Total daya motor 100 kW. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*