Pirelli Siapkan Ban Khusus WorldSBK Belanda, Trek Terkenal Sulit

0
28
Pirelli WorldSBK
Hadapi trek Sirkuit Assen, Belanda, Pirelli siapkan solusi untuk ban kelas WorldSBK dan WorldSSP. Foto: Pirelli

NaikMotor – Pirelli menghadirkan solusi pengembangan baru dan berbagai pilihan ban dari kisaran standar untuk menghadapi WorldSBK Belanda yang akan digelar di Sirkuit TT Assen. 

Sirkuit TT Assen dianggap sebagai salah satu trek yang paling sulit dan dijuluki “The Cathedral of Speed”. Dengan kondisi yang ada, ban yang digunakan harus bisa memberikan presisi tinggi kepada pengendara dan memiliki stabilitas arah yang tinggi.

Untuk itu, Pirelli membawa 4884 ban ke Assen untuk menghadapi putaran kelima WorldSBK 2021. Di kelas WorldSBK, ada empat pilihan apik depan dan empat belakang yang tersedia untuk pengendara. Opsi depan dari kisaran standar adalah senyawa menengah SC2 dan senyawa lunak SC1. Selain itu, ada juga dua solusi pengembangan, yaitu pengembangan SC1 dalam spesifikasi A0721 yang membuat debut mutlaknya di Assen dan menampilkan kompon yang lebih lembut dibandingkan dengan ban standar, lalu yang kedua adalah pengembangan SC1 dalam spesifikasi A0508, yang dapat diapresiasi oleh para pembalap pada putaran di Misano.

Sedangkan untuk opsi belakang, Pirelli menawarkan tiga solusi standar dan satu solusi pengembangan. Pembalap akan memiliki ban standar dalam kompon SCX super lunak, kompon SC0 lunak, dan kompon SC1 sedang. Selain opsi-opsi ini, solusi pengembangan SCX dalam spesifikasi A0557 akan kembali hadir, debutnya sukses besar di putaran Misano dan dipilih untuk Race 2 oleh semua pembalap di grid awal.

Jika cuaca buruk, Pirelli memungkinkan pengendara untuk membuat pilihan dengan ban hujan. Di bagian depan, tim dapat memilih antara solusi hujan standar dan solusi pengembangan dalam spesifikasi A0593, yang disajikan pada putaran sebelumnya di Donington dan digunakan oleh beberapa pembalap.

Di bagian belakang, jika cuaca buruk, pilihan akan jatuh antara solusi hujan standar dan solusi pengembangan dalam spesifikasi X1251 yang menampilkan kompon baru yang dirancang untuk menawarkan cengkeraman yang lebih baik dalam kondisi basah bahkan pada suhu rendah.

Sementara itu, dalam kategori WorldSSP, riders akan memiliki enam solusi apik untuk dipilih, tiga di depan dan tiga di belakang. Untuk bagian depan akan tersedia solusi pengembangan baru dalam senyawa lunak A0460, yang dengan struktur baru akan meningkatkan umpan balik pada sudut kemiringan maksimum, selain solusi standar SC1 dan SC2. Untuk bagian belakangnya, pembalap dapat memilih dari solusi berikut dari kisaran ban standar, yaitu super soft SCX, soft SC0, dan medium SC1. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*