Ini Pentingnya Lampu Sein Bagi Keselamatan Pengendara

0
17
Lampu Sein Pengendara
Astra Motor bagikan informasi mengenai pentingnya lampu sein bagi pengendara. Foto: Astra Motor

NaikMotor – Guna mengedukasi pengendara tentang pentingnya penggunaan lampu sein untuk keselamatan pengendara, Astra Motor membagikan informasi mengenai beberapa fungsi dari komponen satu ini. 

Selain lampu utama dan lampu rem, lampu sein juga menjadi komponen wajib yang pasti ada disetiap kendaraan bermotor, baik di bagian depan maupun belakangnya. Lampu sein sendiri memiliki berbagai tugas dan fungsi yang mampu menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan lainnya.

Apa saja fungsi dari lampu sein menurut Astra Motor? Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Sebagai petunjuk saat kendaraan berbelok

Lampu sein berfungsi sebagai indikator bahwa kendaraan yang kita tunggangi akan berbelok. Petunjuk arah belok yang akan diambil bisa disampaikan lewat lampu sein dan pengendara di belakang kita pun dapat mengetahuinya.

  • Mengurangi risiko kecelakaan

Lampu sein juga berperan untuk mengurangi risiko kecelakaan. Tanpa lampu sein, pengguna jalan bisa mengalami kecelakaan karena tidak ada indikator apapun yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan saat di jalan raya.

  • Sebagai tanda pindah jalur

Saat melewati jalanan dengan dua jalur atau lebih, penting untuk menyalakan lampu sein. Dengan ini, pengemudi lain yang berada di jalur yang sama dari arah berlawanan dapat mengantisipasi karena sudah diberikan kode lewat lampu sein. Pengendara lain pun bisa menurunkan kecepatan dan mengurungkan niat jika hendak menyalip.

Itu tadi beberapa poin penting dari penggunaan lampu sein untuk keselamatan berkendara menurut Astra Motor. Astra Motor juga mengimbau agar lampu sein tetap digunakan sebagaimana mestinya demi menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*