Yamaha Menarik Vinales dari MotoGP 2021 Austria

0
Yamaha Menarik Vinales
Yamaha menarik Vinales dari seri MotoGP 2021 Austria. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Tim Monster Energy Yamaha telah menarik Maverick Vinales dari putaran MotoGP 2021 Austria akhir pekan ini. Yamaha menilai Vinales telah menjalankan M1-nya secara tidak benar.

Rupanya masalah Vinales versus Yamaha masih bertambah. Setelah Vinales menghentikan kontraknya untuk musim 2022, dan tim milik ayahnya di WorldSSP300 juga menghentikan kerjasama di pertengahan musim. Kini, ditambah Yamaha menarik Vinales dari MotoGP 2021 Austria (13-15/8/2021).

Dalam pernyataan resminya Yamaha menyatakan: “Yamaha dengan menyesal mengumumkan Maverick Vinales di ajang MotoGP Austria akhir pekan ini telah ditarik oleh tim Monster Energy Yamaha MotoGP.

Absennya itu menyusul penangguhan Pembalap oleh Yamaha karena pengoperasian sepeda motor yang tidak dapat dijelaskan oleh Pembalap selama balapan MotoGP Styria akhir pekan lalu. Keputusan Yamaha mengikuti analisis mendalam tentang telemetri dan data selama beberapa hari terakhir.

Kesimpulan Yamaha adalah bahwa tindakan pengendara dapat berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin sepeda YZR-M1 miliknya yang dapat menyebabkan risiko serius bagi pengendara itu sendiri dan mungkin menimbulkan bahaya bagi semua pengendara lain di balapan MotoGP.

Pembalap tidak akan diganti di GP Austria.

Keputusan mengenai balapan di masa depan akan diambil setelah analisis situasi yang lebih rinci dan diskusi lebih lanjut antara Yamaha dan Pembalap.”

Dengan desas-desus yang beredar sepanjang hari Kamis mengenai cerita yang mendasarinya, berbagai sumber mengklaim bahwa pembalap berusia 26 tahun itu telah melakukan over-revving M1-nya pada tahap akhir dari balapan yang dimulai kembali selama 27 putaran, termasuk saat masuk ke pitlane. Tindakan itu dianggap bisa meledakkan mesin. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here