Sambut “Revenge Tourism”, Menparekraf Ajak PHRI Garut Bersiap

0
Menparekraf PHRI Garut
Sandiaga Uno ajak pelaku industri parekraf khususnya PHRI Garut bersiap menyambut "Revenge Tourism". Foto: Kemenparekraf

NaikMotor – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak pelaku industri parekraf khususnya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Garut untuk bersiap menyambut “Revenge Tourism”. 

Menparekraf atau Kepala Badan Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno menghimbau agar para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), terutama PHRI Garut untuk bisa bersiap menyambut Revenge Tourism atau serangan pariwisata saat nantinya level PPKM dilonggarkan atau diturunkan, seiring melandainya kasus Covid-19.

Saat mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyambangi dan berdiskusi bersama PHRI Garut di Rancabago Hotel and Resort Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Minggu (22/08/2021) lalu, Sandiaga menjelaskan bahwa selama satu tahun tujuh bulan sejak pandemi Covid-19 hadir, masyarakat banyak yang jenuh dan ingin sekali berwisata. Terlebih saat gelombang kedua Covid-19 terjadi yang membuat pemerintah mengambil kebijakan PPKM dibagi ke empat level. Stakeholder parekraf khususnya PHRI, harus dapat mempersiapkan diri menerima kunjungan wisatawan yang sangat masif nantinya.

“Contohnya yang terjadi di India, setelah lockdown, di sana terjadi revenge tourism. Semua penerbangan habis, okupansi hotel full bahkan kelebihan permintaan sebesar 40 persen dan akhirnya banyak wisatawan yang kecewa. Itu bisa terjadi di sini lantaran destinasi-destinasi di Garut yang bisa dicapai dengan menggunakan transportasi darat dari Jakarta selama kurang lebih tiga jam,” ujar sang Menteri seperti yang dilansir dari situs resmi Kemenparekraf.

Menparekraf PHRI Garut

Beberapa waktu lalu para pelaku parekraf di Garut mengibarkan bendera putih sebagai tanda mereka membutuhkan keberpihakan pemerintah untuk hadir dan membantu di tengah pandemi COVID-19. Sandiaga menjelaskan, tidak ada satupun orang yang mengetahui secara pasti kapan pandemi akan berakhir. Tetapi berbagai upaya perlu dimaksimalkan untuk dapat meminimalisir dampak dari pandemi tersebut.

“Berdasarkan data yang kami himpun, diprediksi akhir September 2021 angka Covid-19 akan melandai. Hal itu sembari kita menyiapkan protokol kesehatan dengan upaya percepatan vaksinasi,” tuturnya.

Semua peluang yang ada harus dimaksimalkan dan tantangan harus dapat dilewati dan diantisipasi dampak negatifnya. Dukungan dan kerja sama dari unsur pentahelix parekraf dibutuhkan agar berbagai upaya dan kebijakan yang ditempuh pemerintah dalam menyelamatkan sektor pariwisata dapat menemui titik terang dan membangkitkan ekonomi negara yang sempat terpuruk.

Bukan hanya vaksinasi yang saat ini terus diakselerasi oleh pemerintah termasuk Kemenparekraf, tetapi penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE yang ketat dan disiplin juga harus menjadi perhatian. Terlebih tren pariwisata kedepan polanya akan beradaptasi kepada pariwisata yang personalize, customize, localize, dan smaller in size.

“Pelajaran yang kita ambil, sejauh ini kita selalu bicara destinasi yang berkelas dunia mengharapkan wisatawan mancanegara bersaing dengan Thailand, Malaysia dari segi jumlah kunjungannya. Tapi ternyata permata di depan kita dilupakan yaitu wisatawan nusantara yang menghabiskan 11 miliar dolar AS tiap tahun yang berwisata ke luar negeri. Karena saya yakin yang mampu melayani customer adalah PHRI,” jelasnya. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY