FIM MiniGP Series Bakal Digelar di Indonesia, ini Kata Bambang Soesatyo

0
40
Bambang Soesatyo MiniGP
Bambang Soesatyo konfirmasi tahun depan akan ada FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Mandalika. Foto: IG @bambang.soesatyo

NaikMotor – Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo menanggapi kabar mengenai akan diselenggarakannya FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Mandalika. 

Bambang Soesatyo (Bamsoet)  mengungkapkan bahwa mulai tahun depan, IMI bersama Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports akan menyelenggarakan FIM MiniGP Indonesia Series – Road to MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“FIM dan Dorna Sport telah mengenalkan event baru, FIM MiniGP World Series, kejuaraan balap motor dunia yang diikuti pembalap muda usia 10 hingga 14 tahun. Berbagai negara yang ingin berpartisipasi, terlebih dahulu harus menyelenggarakan Series FIM MiniGP di negaranya masing-masing,” jelas Bamsoet dalam unggahan di akun instagramnya.

Bambang Soesatyo MiniGP

“Pemenang dari masing-masing negara mengikuti final FIM MiniGP World Series, yang pada tahun 2022 rencananya diselenggarakan di Valencia, Italia. Kejuaraan ini menjadi gerbang pembuka bagi para talenta muda Indonesia menuju pentas bergengsi MotoGP,” papar sang Ketua MPR RI dalam konferensi pers persiapan penyelenggaraan MiniGP Indonesia Series – Road to MotoGP, di Jakarta pada Kamis (02/09/2021) kemarin.

Selain Bamsoet, acara ini juga dihadiri oleh pengurus IMI Pusat, seperti Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Happy Harinto, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Andrys Ronaldi, dan Erwin MP, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri, Direktur Hubungan Internasional dan Event sekaligus Safety Officer FIM Dyan Dilato, Sport Talenta Indonesia Maharani, serta Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko.

Bamsoet menjelaskan, selain Indonesia, setidaknya akan ada 15 negara dunia juga akan terlibat dalam penyelenggaraan FIM MiniGP World Series 2022, seperti Qatar dengan FIM MiniGP Qatar Series, dan Austria dengan FIM MiniGP Austria Series.

Sesuai keputusan FIM dan Dorna Sport, para pembalap muda yang berlaga dalam series Mini GP akan balapan menggunakan tipe motor yang sama, yaitu Ohvale GP-0 160 cc yang memiliki karakter sama dengan gaya balap di MotoGP. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

*