Sandiaga Uno Apresiasi Inovasi Sistem Pemberdayaan UMKM Pertamina

0
Sandiaga Uno Pertamina
Sandiaga Uno apresiasi inovasi pemberdayaan UMKM Pertamina. Foto: Pertamina

NaikMotor – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pertamina dalam hal pemberdayaan UMKM. 

Mas Menteri menyaksikan langsung acara launching virtual buku Pertamina SME 1000 edisi kedua pada (28/08/2021) lewat Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK). Selain Sandiaga Uno, acara ini juga disaksikan oleh ratusan peserta Webinar Pertamina UMK On Air di Radio Sonora tersebut.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berkesempatan untuk menyampaikan apresiasinya terhadap sejumlah inovasi yang dilakukan Pertamina, terutama dalam hal pemberdayaan UMKM.

“Saya mengucapkan selamat dan apresiasi pada (peluncuran) buku SME 1000: Encouraging Innovations ini. Karena kalau kita lihat benang merah dari kegiatan entrepreneurship tentunya adalah inovasi,” ujarnya, dilansir langsung dari Pertamina.

Menurutnya, inovasi yang telah dilakukan Pertamina dalam porsi yang pas. Simpel dan tidak terlalu berlebihan. Namun, dampak yang diharapkan bisa lebih baik, lebih cepat, dan lebih ekonomis.

“Dengan tiga panduan tersebut, saya yakin UMKM bisa lebih maju dan sukses dibawah binaan Pertamina.”

Pertamina SME 1000 adalah katalog daftar 1000 UMKM Mitra Binaan unggulan Pertamina yang telah melalui proses kurasi di masing-masing sektor usaha. Pertamina SME 1000 berisi profil usaha, pengenalan produk, alamat, nomor kontak, hingga akun media sosial UMKM tersebut, serta juga memuat informasi UMKM yang dibuat dalam bentuk narasi, yang menceritakan tentang awal membangun usaha hingga kiat mempertahankan usaha tersebut hingga sukses.

Arya Dwi Paramita selaku Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina menambahkan, dengan hadirnya buku Pertamina SME 1000, Pertamina berharap dapat menyajikan informasi serta pesan-pesan yang mendalam terhadap perkembangan dunia UMKM di Indonesia. Semoga buku ini juga dapat menginspirasi berbagai pihak untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemandirian masyarakat Indonesia lewat dukungan kepada UMKM.

“Sedangkan bagi UMKM itu sendiri, kehadiran buku Pertamina SME 1000 ini dapat mendorong perkembangan usahanya, perluasan pasar, peningkatan omzet, business matching antar UMKM, hingga mampu menjadi UMKM naik kelas yang Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global,” jelasnya. (Litha/nm) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here