Triumph Tiger Sport 660 Diluncurkan, Berorientasi Tourer Bukan Offroader Keras

0
23
Tiger Sport 660 Diluncurkan
Triumph Tiger Sport 660 diluncurkan sebagai tourer sejati. Foto: triumph

NaikMotor – Akhirnya, pabrikan dari Hinckley meluncurkan model adventure berbasis Trident 660. Adventure menengah Triumph Tiger Sport 660 diluncurkan meski minus beberapa fitur mewah.

Triumph Tiger Sport 660 menyusul keluarga 660 sebelumnya Trident 660 yang bermodel naked berkarakter sport. Sebagai adventure menengah berbagai fitur terkini telah disematkan pada Tiger Sport, meski cruise control dan centerstand luput dari list.

Tiger Sport 660 Diluncurkan

Seperti Trident, Tiger Sport 660 ditenagai mesin 3 silinder 660 cc yang menghasilkan 80 daya kuda @ 10.250 rpm, tetapi torsi di putaran rendah dengan 64 Nm @ 6.250 rpm. Sesuai peran adventure tourer menengah sport yang berbeda dengan Tiger di atasnya 800 atau 1200 yang kuat di momen puntir putaran rendah dan tenaga di putaran menengah.

Tiger dilengkapi dengan kopling slip/assist dan gearbox enam kecepatan, dan quickshifter naik/turun sebagai opsi. Dengan throttle ride-by-wire tersedia 2 mode pengendaraan Rain dan Street. Tersedia juga fitur kontrol traksi yang bisa dinonaktifkan.

Sasis Tiger 660 seperti mesin, mirip dengan Trident, dengan rangka tabung baja. Demikian dengan rem cakram ganda 310 mm di depan (dengan kaliper radial-mount Nissin dua piston, dan ABS). Suspensi depan tidak dapat disetel, dengan garpu USD 41 mm Showa. Shock belakang memiliki penyesuaian preload jarak jauh. Suspensi Tiger Sport memiliki travel 150 mm di depan dan belakang.

Bagian rangka belakang sepeda sedikit berbeda dari Trident, karena titik kait bagasi langsung ke bagian ekor, sehingga memudahkan untuk memasang/melepas pannier/side bag.

Meskipun tidak dilengkapi dengan box sebagai perlengkapan standar, Tiger 660 bisa dengan tambahan top box kapasitas 57 liter oada 2 side bag dan top box 47 liter. Ada juga rak aluminium yang tersedia sebagai kit standar dari Triumph, dan lampu kabut aksesori. Kapasitas tangki bahan bakar Tiger Sport ini 17 liter cukup untuk jangkauan 340 km.

Lampu-lampu nya sudah LED, dan layar TFT sebagai satu-satunya adventure di kelas menengah dengan TFT. Sementara windscreen dapat disesuaikan manual dengan satu tangan.

Meskipun adventure ini memiliki profil dual purpose, tetapi tidak dimaksudkan untuk penggunaan offroad adventure. Seperti Trident, Tiger Sport 660 hadir dengan roda depan dan belakang berukuran 17 inci yang dibalut ban Michelin Road 5. Sempurna untuk aspal kota dan pedesaan, tetapi tidak untuk kerikil atau lumpur.

Seperti 660 Trident, Triumph mengatakan Tiger Sport 660 dirancang untuk menekan biaya jangka panjang, dengan biaya bengkel yang rendah dan interval perawatan yang panjang 16.000 kilometer. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*