Begini Berkendara di Jalan Rusak, Tidak Cukup Mengurangi Kecepatan Saja

0
Berkendara di Jalan Rusak
Berkendara di jalan rusak perlu teknik berbeda. Foto: istimewa

NaikMotor – Berkendara di jalan rusak perlu teknik yang berbeda. Seperti mengurangi atau menyesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan yang rusak itu.

Pengendara sepeda motor pastinya membutuhkan teknik dasar berkendara yang baik dan benar karena kondisi jalan raya di Indonesia bervariasi. Salah satu kondisi jalan raya yang akan sering ditemui oleh pengendara yaitu jalan rusak dan berlubang.

Menurunkan kecepatan laju motor sesuai kondisi jalan yang dilalui agar tetap seimbang dan tidak tergelincir merupakan teknik dasar paling penting yang harus dilakukan oleh pengendara ketika menemui jalan rusak atau berlubang. Kondisi jalanan tersebut dapat membahayakan bagi pengendara apabila tidak menggunakan teknik dasar berkendara yang tepat.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma Robby menjelaskan, tidak hanya menurunkan kecepatan laju sepeda motor saja, namun ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan ketika melalui jalanan rusak. Pastikan ketika melewati jalanan tersebut pengendara harus berada dalam keadaan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan, tujuannya untuk mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan pengendara. Jika guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan seorang pengendara mengalami kecelakaan semakin besar.

Apabila kecepatan sudah sesuai dan guncangan pada motor tidak berbahaya, penglihatan juga harus fokus pada arah tujuan kita ketika berkendara. Kemudian pastikan kendali stang lebih kuat agar sepeda motor kita bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang rusak. “Jangan sampai lepas kendali karena akan menjadi lebih sulit mengontrol dan guncangan yang diterima oleh tangan kita juga akan lebih kuat,” kata Ludhy.

Ketika berada di kecepatan rendah, melewati kondisi jalan yang rusak tidak disarankan untuk menggunakan rem depan namun bisa menggunakan rem belakang. Penggunaan rem belakang ini akan mengurangi resiko low slide atau tergelincir ketika sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir.

Gunakan selalu kecepatan yang rendah dalam keadaan jalan seperti ini dan selalu melihat speedometer untuk menjaga kecepatan kendaraan kita agar tetap dalam batas kecepatan wajar.Jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi resiko cidera ketika mengalami kecelakaan, sebelum kita berkendara, pastikan bahwa kita menggunakan selalu helm, jaket dan masker saat berkendara untuk selalu #Cari_Aman,” tutup Ludhy. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY