Gelaran MotoGP 2022 Indonesia Bisa Berlangsung, Setelah Menpora Respons WADA

0
29
MotoGP 2022 Indonesia Bisa
Menpora Zainudin Amali menegaskan MotoGP 2022 Indonesia bisa digelar. Foto: kemenpora

NaikMotor – Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) menegaskan MotoGP 2022 Indonesia bisa digelar, setelah merespons teguran Badan anti doping dunia, WADA.

Kekhawatiran gelaran internasional seperti MotoGP tidak bisa berlangsung mengemuka setelah Indonesia mendapat teguran dari WADA, soal implementasi program uji doping yang efektif. Teguran WADA dilayangkan kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI). Bukan hanya Indonesia, Thailand dan Korea Utara pun mendapat teguran serupa.

Namun Menpora, Zainudin Amali menyatakan pihaknya telah merespons teguran WADA itu dan memastikan mereka memahami kondisi olahraga di Indonesia. Menpora juga memastikan Indonesia tidak akan kehilangan hak-haknya di ajang olahraga internasional dan masih bisa menjadi tuan rumah kejuaraan internasional. Artinya, gelaran MotoGP 2022 Indonesia bisa digelar sesuai jadwal.

“Setelah kami menyampaikan surat pada tanggal 8 Oktober kemarin kemudian WADA sudah merespons bahwa mereka memahami apa yang terjadi di Indonesia, situasi di Indonesia,” papar Menpora (10/10/2021) seperti dikutip dari antaranews.com.

Indonesia ternyata belum memiliki laboratorium untuk uji sampel anti doping yang terakreditasi dan terstandar internasional. Sehingga sampel akan dikirim ke laboratorium di Qatar, dan diawasi melalui Agensi Anti-Doping Jepang (JADA) sebagai salah satu lembaga anti-doping yang sudah terakreditasi dan terstandardisasi secara internasional. Kondisi ini sudah disampaikan Menpora ke WADA dan mereka memahaminya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*