Motor Listrik BL-SEV01 Jawab Tantangan 1.340 Km dengan Data dari Mandalika

0
11
motor listrik BL-SEV01
Motor listrik BL-SEV01 karya mahasiswa Universitas Budi Luhur suikses menaklukan toruing Jakarta - Mandalika 1.340 Km. Foto: Dok. Universitas Budi Luhur

NaikMotor – Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur mencatat prestasi dalam pengembangan kendaraan listrik. Salah satu karyanya, motor listrik BL-SEV01 sukses menaklukan perjalanan Jakarta – Mandalika sejauh 1.340 Km.

Kemampuan motor listrik BL-SEV01 (Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01) kembali diuji lebih ekstrem setelah pada Februari kemarin dijajal di Sirkuit Sentul. Kali ini tantangan mereka adalah Jakarta – Mandalika dengan berbagai kondisi jalanan serta cuaca. Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan dilengkapi motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Total jarak tempuh yang mereka lalui adalah 1.340 Km untuk bisa mengambil semua data yang dibutuhkan. BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono S.T., M.T., mengungkapkan, “Perjalanan touring Jakarta – Mandalika kali ini bukan hanya sekadar ajang pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai sebuah kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh, bertenaga, serta bisa digunakan di jalan raya dengan baik. Akan tetapi, kami juga membutuhkan data-data, informasi, serta pengalaman yang benar-benar bisa didapatkan dari lapangan secara langsung. Seluruh kejadian dan masukan yang ada selama perjalanan kami kumpulkan dan akan kami olah lebih jauh lagi, sehingga diharapkan kami bisa menghadirkan kendaraan listrik lainnya yang lebih tangguh, bertenaga, dan memiliki daya tahan lebih baik dari kendaraan-kendaraan yang sudah kami kembangkan selama ini.”

BL-SEV01 menjadi sepeda motor listrik buatan mahasiswa pertama yang melakukan perjalanan terjauh sampai saat ini. Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro MBA., tidak lupa mengucapkan syukur atas seluruh keberhasilan dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan BL-SEV01 hingga mencapai tingkat sekarang. “Saya ucapkan selamat atas pencapaian yang sudah ada hingga saat ini bersama BL-SEV01. Tentu saja pencapaian ini tidak akan membuat kami, seluruh civitas Universitas Budi Luhur, berdiam diri dan siap untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik yang lebih baik lagi dari segala aspek. Dukungan akan terus kami berikan kepada pihak-pihak yang siap untuk menghadirkan riset-riset ilmiah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa, dan bangsa.”

“BL-SEV01 menjadi bukti nyata bagaimana Civitas Akademis Universitas Budi Luhur mampu menghadirkan sebuah teknologi tingkat tinggi dan sudah teruji dengan baik di berbagai kondisi lapangan. Ini menunjukan bagaimana perkembangan Universitas Budi Luhur sudah berada di jalur yang benar sebagai universitas berwawasan global berbasis kewirausahaan, teknologi dan cerdas, serta berbudi luhur,” tambah Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M dalam keterangan tertulis. (rls/NM)

LEAVE A REPLY

*