Ducati Pemasok MotoE 2023 Hingga 2026 Gantikan Energica

0
21
Ducati Pemasok MotoE 2023
Render Ducati MotoE. Foto: Twitter

NaikMotor – Pemasok sepeda motor balap listrik untuk MotoGP listrik setelah musim 2022 telah ditunjuk Dorna. Ducati pemasok MotoE 2023 hingga 2026 mendatang setelah terjadinya kesepakatan.

Sejak 2019 FIM Enel MotoE World Cup perusahaan Italia Energica menjadi pemasok tunggal sepeda motor balapnya. Kerja sama dengan perusahaan kecil itu tidak membuahkan hasil, itulah sebabnya Dorna tidak menyediakan dana lagi untuk pengembangan lebih lanjut dari Energica Ego Corsa.

Di sisi lain, para Tim mengeluhkan motor yang beratnya hampir 300 kg, baterainya beratnya 100 kg, jangkauannya terlalu pendek dan waktu pengisiannya terlalu lama. Rencana untuk mengisi akumulator dengan energi berkelanjutan dari tenaga angin atau energi matahari juga tidak membuahkan hasil. Sehingga mulai akhir musim MotoE 2022, Energica tidak lagi menjadi pemasok tunggal.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan bos Ducati Claudio Domenicali telah mencapai kesepakatan, Ducati pemasok MotoE 2023 hingga 2026, (21/20/2021). “Apa yang dibahas hari ini akan membuat perbedaan dalam mobilitas listrik,” kata Domenicali. “Kami telah membuat kesepakatan dengan Dorna dan akan mengirimkan sepeda motor standar dari 2023 hingga 2026.”

Ducati telah dimiliki oleh Grup Volkswagen sejak 2012 dan juga dapat memanfaatkan banyak pengetahuan untuk teknologi kelistrikan di Grup Audi.

“Berpartisipasi dalam MotoE adalah langkah penting bagi kami, karena kami tidak melakukan hal yang berbeda dari sebelumnya, tetapi pada tahun 2023 untuk pertama kalinya dengan teknologi yang suatu hari akan menggantikan konsep bahan bakar fosil dalam bisnis roda dua untuk sepeda motor produksi. Di Ducati, ini semua tentang kinerja. Itulah mengapa kami memutuskan untuk memulai tepat di atas dalam mobilitas listrik. Kami akan memasuki kompetisi MotoE pada tahun 2023 untuk belajar. Kami ingin teknisi kami suatu hari nanti sama suksesnya dengan mobilitas listrik seperti halnya dengan mesin pembakaran internal saat ini,” sambut Domenicalli.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*