Menko Perekonomian: GIIAS 2021 Bisa Mendorong Pergerakan Industri Otomotif Indonesia

0
18
GIIAS 2021 Bisa Mendorong
GIIAS 2021 resmi dibuka, berlangsung 11-21 November 2021. Foto: istimewa

NaikMotor – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian (11/11/2021). Menko berharap GIIAS 2021 bisa mendorong pergerakan industri otomotif Indonesia.

World Class Auto Show Series, GIIAS 2021 telah resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. GIIAS 2021 bertemakan Wheels to Move berlangsung 11-21 November 2021.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah RI, dengan dukungan penuh dan berbagai kebijakan GIIAS dapat kembali terlaksana. “GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi. Sebuah tonggak positif bagi pertumbuhan industri otomotif bangsa Indonesia, GIIAS merupakan kebanggaan bangsa dan mencerminkan upaya GAIKINDO untuk terus mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia,” ucap Nangoi.

Pada kesempatan itu, Nangoi juga menyampaikan berbagai pencapaian yang dicatat Industri otomotif Indonesia, meski dalam masa pandemi akibat Covid-19. Yang pertama adalah bahwa Indonesia sudah swa sembada kendaraan bermotor, kedua Kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP adalah kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan Local Purchase lebih dari 60 persen. Dan periode Januari–Oktober 2021, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen dibandingkan dengan periode yang sama ditahun lalu. Terakhir bahwa pulihnya industri otomotif Indonesia akan membangkitkan berbagai industri dan UMKM disektor otomotif, “Sebagai lokomotif industri, pulihnya industri otomotif akan juga membangkitkan kegiatan industri pendukung yang menyerap banyak tenaga kerja,” jelas Nangoi.

Nada positif untuk industri otomotif Indonesia juga diungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada upacara pembukaan GIIAS 2021, pada 11 November 2021 dalam sambutannya, mengatakan bahwa waktu penyelenggaraan GIIAS setelah absennya pada tahun lalu adalah sebuah hal yang baik, karena kondisi pandemi yang semakin membaik, dan bahkan pada triwulan ketiga, penanganan covid di Indonesia adalah yang terbaik di ASEAN.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga mengucapkan selamat kepada GIIAS dan Menteri Perindustrian untuk pengembangan sektor otomotif di Indonesia, “Selamat atas penyelenggaraan GIIAS yang bisa terus mendorong pergerakan industri otomotif di Indonesia, tentu kita berharap pameran ini bisa mendorong industri otomotif yang memiliki multiplayer effect yang tinggi,” jelasnya. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*