Aprilia RS-GP 2016 Tengah Tes di Aragon

0
ApriliaRS-GP2016Tes
Aprilia RS-GP 2016 tengah melajukan tes di Sirkuit Aragon (11/10/2016) yang ditunggangi oleh Mike Di Meglio. Foto: GPOne

Aragon (naikmotor) – Ketika Ducati mengganti Desmosedici GP15 dengan Desmosedici GP16, dan Suzuki menerapkan seamless gearbox serta mesin baru yang lebih bertenaga untuk GSX-RR, pertarungan antar pabrikan di MotoGP semakin ketat.

Tak terkecuali Aprilia, yang sepanjang musim 2015 telah menggunakan mesin ART(Aprilia Racing Technology) versi tertinggi, dengan berbasis model RSV4 yang notabene sepeda motor produksi, ternyata tengah mengembangkan prototipe terbaru.

Prototipe itu tengah uji trek resmi terakhir Rabu (10/2/2016), ditengarai sebagai Aprilia RS-GP 2016, dengan penguji Mike Di Meglio, Di Meglio bertugas menguji kemampuan dasar, untuk menjamin segala sesuatu akan berfungsi dengan baik, dan tak ada masalah  di luar dugaan pada motor.

Sebelum Aprilia menyerahkannya kepada pembalap tim pabrikan, Alvaro Bautista dan Stefan Bradl, melakukan test tertutup di Qatar, dua minggu sebelum test resmi IRTA di sirkuit itu.

Tak ada informasi yang dipublikasikan setelah uji mendasar itu, sebagaimana juga kapan sepeda motor akan diluncurkan akhir bulan ini, tentunya juga foto resmi model. Foto yang ada adalah hasil jepretan GPOne.com dari Italia.

Foto pun hanya menunjukkan kalau model tampak lebih kompak, bahkan terhadap model basis ART nya. Ada pula yang mengganggap lebih mirip Honda RC213V daripada ART sebelumnya.

Pihak Aprilia pun masih irit berbicara, hanya mengatakan motor lebih ringan 10 kg daripada pendahulunya. Info lainnya, Romano Albesiano dulu pernah mengatakan akan mengubah sudut silinder, tanpa menunjukkan detail presisinya.

Tetapi ada spekulasi lain yang menyebutkan kalau RS-GP akan memiliki sudut silinder 75º V4, tak lagi 65º V4 untuk mesin ART yang berbeda dari RSV4 versi jalan raya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY