Lakukan Perawatan Saringan Udara Agar Performa Mesin Tetap Optimal

0
Perawatan Saringan Udara
Lakukan perawatan Saringan Udara agar pembakaran mesin tetap optimal. Foto: yamaha

NaikMotor – Sebagai bagian dari sistem pembakaran, filter udara memiliki peran tersendiri. Selalu lakukan perawatan saringan udara agar performa mesin tetap optimal.

Udara, bahan bakar, dan pengapian adalah 3 unsur yang berperan penting pada ruang pembakaran motor. Ketiga unsur ini harus terjaga baik agar pembakaran terjadi sempurna sehingga menghasilkan performa motor yang maksimal.

Salah satu unsur yang harus diperhatikan agar memiliki kualitas yang baik adalah udara. Untuk itu diperlukan saringan udara yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar di sebuah mesin.

Indikasi masalah pada saringan udara motor itu banyak sekali penyebabnya. Salah satunya:
Konsumsi bahan bakar terasa lebih boros, penyebabnya filter tidak maksimal menyaring udara bersih yang digunakan sebagai komponen pembakaran.

Suara mesin abnormal yang dipicu terganggunya suplai udara atau berkurangnya volume udara yang disalurkan ke ruang pembakaran di mesin motor. Tarikan motor terasa berat karena kondisi saringan udara yang kotor.

Maka dari itu, lakukan perawatan saringan udara motor dengan beberapa langkah berikut:
1. Lakukan service berkala secara rutin. Dengan begitu dapat dilakukan pengecekan kondisi saringan udara oleh teknisi.
2. Lakukan penggantian saringan udara secara berkala dan disarankan rata-rata pemakaian setiap 12.000 km. Penggantian dapat lebih cepat jika sering melewati jalan yang berdebu.
3. Gunakan produk air filter yang direkomendasikan di bengkel resmi dan bengkel kepercayaan terdekat. (Rls/Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*