Bersihkan Soket Kelistrikan Jika Gejala-Gejala ini Muncul

0
75
Bersihkan Soket Kelistrikan
Soket Kelistrikan kotor bisa menggangu performa sepeda motor. Foto: Aliexpress

NaikMotor – Kelistrikan sepeda motor bisa terganggu jika terkena kotoran atau air terutama di area soket. Bersihkan soket kelistrikan agar performanya kembali.

Beberapa perangkat yang mengalirkan arus listrik, seperti soket bisa terganggu kotoran atau air. Apabila kotoran menumpuk, pasti akan menyebabkan aliran listrik tidak stabil. Seperti lampu yang redup, atau mesin susah dinyalakan padahal aki masih baru.

Air kotor yang terciprat ke kendaraan kadang bisa membuat kotoran menumpuk. Parahnya kalau menumpuk di soket kelistrikan, pasti fitur motor akan terganggu. Jadi bersihkan soket kelistrikan yang ada di motor. Seperti yang ditulis oleh PT. Astra Otoparts.

Apabila terlihat sudah mulai banyak kotoran yang menghitam, tandanya harus dibersihkan. Semprot dengan penetran atau contact cleaner dan usapkan saja perlahan dengan lap kering untuk kotoran membandel. Jika sudah ada karat mau tak mau harus diampelas.

Untuk kendaraan yang sudah berumur, lihat juga kondisi soket lain seperti kabel soket lampu. Efeknya, bisa membuat sinar lampu menjadi redup. Diusahakan jangan satu sisi soket saja yang disemprot, soket bagian motor juga dibersihkan.

Bersihkan Soket Kelistrikan

Setelah soket dibersihkan, ada juga perangkat listrik lain yang utama, yaitu terminal aki. Setelah sekian lama, biasanya ada kerak putih akibat kondensasi uap air aki yang menumpuk. Kalau terlalu banyak, gejala seperti aki kehabisan setrum jamak ditemui. Dapat menggunakan pembersih khusus listrik atau menggunakan air panas. Semprot, lalu gunakan lap kain bersih untuk menghilangkan bekas kotoran. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*