Klasik Tapi Fitur Modern, Begini Spesifikasi BSA GoldStar 2022

0
438
Spesifikasi BSA GoldStar 2022
BSA GoldStar 2022 membawa ciri BSA M24 dan DB34 1950. Foto: bsa

NaikMotor – Meski dimiliki Grup Mahindra India, tapi BSA GoldStar 2022 diluncurkan di NEC Motorcycle Live Birmingham, (4/12/2021). Begini spesifikasi BSA GoldStar 2022 itu.

BSA telah dihidupkan kembali, kini berada di tangan Classic Legends Private Ltd, anak perusahaan Mahindra Group. Meski tampil klasik tetapi dalam spesifikasi BSA GoldStar 2022 tampak beberapa fitur moderen.

Ashish Singh Joshi, Direktur BSA Company Ltd., menyatakan, “Bagi kami, BSA GoldStar baru bukan hanya sebuah sepeda motor, tetapi sebuah emosi dan kami mengejar perjalanan membawa BSA kembali dengan penuh semangat. Untuk tetap otentik ke akarnya, GoldStar baru dirancang dan direkayasa di Inggris. Sepeda motor baru ini menggabungkan DNA BSA dan tetap menjadi GoldStar yang sesuai dengan garis keturunannya.”

BSA GoldStar 1950 (kiri) BSA GoldStar 2022 (kanan)

Ciri BSA klasik kini ditampilkan dengan tangki krom dengan emblem logo BSA GoldStar. Mirip dengan tangki BSA M24 dan DB34 1950-an. Demikian knalpot, fender belakang, diikuti dengan lampu utama membulat dengan panel meter ganda bulat seperti GoldStar jadul. Meski lampu sudah LED.

GoldStar ditenagai mesin silinder tunggal 4 katup DOHC 652cc, berpendinginan cairan. Mesin menghasilkan 45 daya kuda @ 6.000 rpm dan torsi 55 Nm @ 4.000 rpm. Ditopang rangka baja tabung double cradle.

Uniknya, mesin mengadopsi 2 busi dan meski beradiator, nyatanya mesin memiliki sirip-sirip pendinginan, ternyata itu untuk tetap menampilkan kesan klasik. Selain itu, mesin bertransmisi 5 percepatan itu sudah dilengkapi slipper dan assist clutch. Mesin juga tidak dirancang sendiri, tetapi bekerja sama dengan Technical University of Graz agar standar emisi bisa memenuhi Euro5.

New GoldStar dilengkapi ban depan 18″ dan belakang 17″ dengan ban Pirelli Phantom Sportscomp. Suspensi depan teleskopik klasik 41mm dan shock absorber ganda di bagian belakang dengan 5 level pengaturan. Sistem remnya kaliper Brembo dua piston floating, dengan ABS dua kanal, depannya dengan cakram 320mm dan belakang 255mm.

Dengan tangki kapasitas 12 L, dan berat 213 kg. Kini tersedia dalam warna seperti pendahulunya yakni Insignia Red, Dawn Silver, Midnight Black, Highland Green dan Silver Sheen (Legacy Edition). (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*