Kenali Fungsi Tabung Shockabsorber, Bukan Penambah Gaya Saja

0
Fungsi Tabung Shockabsorber
Tabung reservoire shockabsorber atau piggyback shock. Foto: istimewa

NaikMotor – Bukan hanya membuat tampilan motor lebih bagus saja, fungsi tabung shockabsorber juga membuat kinerja peredaman lebih baik.

Motor baru zaman sekarang beberapa ada yang menggunakan shockabsorber dengan tabung, khususnya di bagian belakang. Seperti diketahui, fungsi shockabsorber motor adalah untuk meredam guncangan atau getaran saat kendaraan berjalan. Tabung shockabsorber atau disebut juga dengan piggyback ini memiliki beberapa fungsi yang juga untuk membantu sistem kerja yang meredam guncangan atau getaran menurut AstraOtoparts.

Menampung oli shockabsorber
Dengan adanya tabung shockabsorber motor, volume oli shockabsorber yang mampu ditampung menjadi lebih banyak, sekitar 10 hingga 30ml daripada shockabsorber yang tidak menggunakan tabung.

Memberikan rasa yang lebih empuk dan nyaman
Fungsi tabung shockabsorber motor juga dapat membantu kerja sistem suspensi menjadi lebih baik dalam meredam guncangan atau getaran, terlebih saat melalui kondisi jalanan yang rusak. Di dalam tabung shockbreaker motor juga terdapat sil yang akan mengembang saat menerima tekanan ke bawah dan otomatis akan mengempis saat rebound sehingga shockbreaker lebih empuk dan nyaman.

Mendinginkan oli shockabsorber
Selain menampung oli shockbreaker, ada juga tabung shockbreaker yang menggunakan piston dan gas nitrogen. Sistem kerja, oli akan mendorong piston ketika suspensi menerima tekanan, kemudian posisi piston yang sudah didorong oleh oli akan distabilkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh nitrogen. Tidak sampai disitu, nitrogen yang ada di dalam tabung shockbreaker motor juga bertugas untuk mendinginkan oli shockbreaker yang memanas saat sistem suspensi sedang bekerja. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here