Cat Motor Pudar dan Kusam? Ini Penyebabnya

0
Cat motor pudar
Seiring waktu dan perlakuan pemilik, cat bodi sepeda motor akan pudar dan kusam. Foto: istimewa

NaikMotor – Fakta umum, seiring berjalan waktu warna cat bodi motor akan pudar. Cepat atau lambat, tergantung pada perlakuan dan perawatan yang dilakukan pemiliknya.

Untuk mempertahankan keremajaan warna pada body motor dengan menjaga kebersihan sepeda motor saja tak cukup. Ada beberapa faktor yang jadi penyebab warna cat bodi sepeda motor cepat pudar seperti yang dikutip dari Wahana Honda;

1. Sinar Matahari
Paparan langsung radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa merusak lapisan cat sepeda motor, sehingga warna cat dapat terlihat kusam. Karena itu, usahakan untuk memarkir sepeda motor di tempat yang teduh agar terhindar dari terpaan langsung sinar matahari.

2. Air Hujan
Kandungan pada air hujan seperti zat asam nitrat (HNO3) bisa merusak lapisan cat bodi motor. Kondisi tersebut bisa mempercepat rusaknya lapisan cat sepeda motor. Maka dari itu, perlu untuk langsung membilas atau mencuci sepeda motor dengan air bersih setelah terkena air hujan.

3. Debu
Meski terkesan sepele, debu yang terlalu lama menempel pada bodi akan menurunkan kilap cat bodi motor. Untuk menghambat waktu pemudaran cat akibat debu, rutinlah untuk mencucinya. Biasakan untuk membilasnya dengan air bersih sebelum membasuhnya dengan kain lap.

4. Penggunaan Sabun Cuci
Penggunaan sabun atau sampo juga berpengaruh pada cat body motor, jika kurang tepat juga bisa membuat warna cat bodi motor cepat pudar. Hal itu disebabkan oleh kandungan kimia yang keras di dalam sabun atau sampo yang bisa mempercepat proses pemudaran warna cat. Karena itu, Anda bisa menggunakan sampo khusus kendaraan jika akan melakukan pencucian.

5. Tumpahan Minyak
Tumpahan atau tetesan minyak pada bodi berpotensi merusak cat karena sifatnya yang mudah meresap ke permukaan cat. bahan bakar minyak dan thinner juga bisa membuat cat motor rusak. Oleh karena itu, segera lap dengan kain bersih jika permukaan cat sepeda motor terkena minyak atau sejenisnya.
(Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here