Maverick Vinales Bikin Kejutan di Hari Kedua Tes MotoGP Australia

0
VInales-Fast-Austest-MotoGP
Maverick Vinales membawa Suzuki unggul di hari kedua tes pramusim MotoGP di Sirkuit Phillip island Australia, Kamis (18/2/2016). Foto: Suzuki Racing

Phillip Island (naikmotor) – Maverick Vinales membuat kejutan khusus pada hari kedua sesi tes resmi pra musim MotoGP di Sirkuit Phillip Island, Australia pada Kamis (18/2/2016). Ia memberikan performa terbaiknya dengan mencetak lap tercepat 1:29.131 detik. Hasil ini menjadi indikasi bahwa ada peningkatan kondisi sirkuit dari trek lembab menjadi kering.

Peningkatan lap tercepat yang diraih oleh Vinales, bisa jadi bukan performa sebenarnya saat balapan. Lantaran beberapa pembalap melakukan pengetesan dengan uji konsistensi kompon ban. Mengingat saat balapan nanti, penting untuk mengetahui sejauh mana kompon ban Michelin ini bakal memberikan grip terbaik. Sementara tim Suzuki adalah satu-satunya tim yang melakukan pengetesan dengan konsesi khusus di sesi tes kali ini.

Pembalap berikutnya adalah jagoan tim Repsol Honda yaitu Marc Marquez yang tampil dengan selisih 0,1 detik dari Vinales. Kemudian Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi menyusul di belakang, juga dengan selisih yang tidak terpaut jauh.

Perhatian khusus untuk melakukan ‘feeling up’ pada kompon ban Michelin, memang masih belum berjalan mulus. Mengingat kondisi sebenarnya sirkuit yang terkenal abrasif tersebut belum terjadi. Sehingga pembalap berharap pada hari terakhir sesi tes resmi pra musim besok (Jumat), kondisi cuaca membaik dan sirkuit Phillip Island menunjukkan wajah aslinya.

Hasil positif yang terlihat di sesi tes hari kedua ini pada simulasi race yang dilakukan oleh para pembalap, selisih waktu jadi tereduksi antara pembalap di urutan terdepan dengan urutan terbelakang (non test rider). Selisihnya di bawah dua detik. Artinya bisa diprediksi pertarungan di beberapa sirkuit, bisa jadi lebih rapat-rapat. (Spy/NM)

Hasil tes resmi pra musim MotoGP Australia:
1. Maverick ViƱales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1:29.131
2. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.161
3. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.226
4. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.273
5. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +0.540
6. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) +0.723
7. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15/16) +0.726
8. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.786
9. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) +0.810
10. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.861

LEAVE A REPLY