Kerusakan Ringan pada Speedometer, Atasi Sendiri Saja

0
Kerusakan Ringan pada Speedometer
Speedometer analog justru lebih rumit daripada digital. Foto: wahana

NaikMotor – Komponen ini berfungsi menampilkan kecepatan dan beberapa informasi kondisi sepeda motor. Beberapa kerusakan ringan pada speedometer dapat diperbaiki sendiri.

Speedometer, alat yang digunakan untuk mengukur laju kecepatan kendaraan yang mana saat berkendara, dengan melihat alat ini, Anda dapat memantau kecepatan kendaraan yang sedang dikendarai. Speedometer berfungsi juga sebagai alat yang memuat informasi tentang berapa banyak bahan bakar yang tersedia di tangki, dan mengetahui indikator nyalanya lampu utama dan lampu sein. Setiap pengendara wajib cermat dalam merawat speedometer agar tetap berfungsi dengan baik.

Beberapa kerusakan ringan pada speedometer dapat diperbaiki sendiri. Namun, jika sampai harus mengganti komponen yang baru, sebaiknya bawa sepeda motor ke bengkel resmi.

Melansir dari WahanaHonda.com, berikut adalah apa saja yang mesti dilakukan ketika speedometer mendadak rusak;

• Periksa Kabel
Perhatikan kabel yang terdapat pada speedometer. Apakah tidak berfungsi karena putus, tertarik, bengkok, terselip, atau ada goresan. Jika kabel rusak karena tergores, segera perbaiki dengan menggunakan isolasi karet hitam. Setelah itu speedometer bisa berfungsi normal.

Kerusakan juga bisa muncul karena kabel speedometer yang mulai berkarat. Ini terjadi karena air masuk ke area kabel, namun bisa juga karena kabel sudah lama dan perlu diganti dengan yang baru. Jika kabel ternyata berkarat, lepaskan kabel dari girboks pada sumbu ban. Setelah itu, tarik kabel secara hati-hati.

• Periksa Speedometer
Terdapat beberapa jenis speedometer yang digunakan pada sepeda motor. Pada speedometer digital kebanyakan kerusakan terjadi karena aki motor yang soak dan perlu diganti. Sedangkan pada analog, kerusakan yang terjadi biasanya lebih kompleks. Salah satunya penyebab kerusakan ada pada speedometer itu sendiri.

Kerusakan pada speedometer sering terjadi gara-gara pegas atau spring dalam speedometer yang sudah lemah. Ini menyebabkan tidak akuratnya informasi kecepatan yang diberikan karena jarum kecepatan menjadi kacau. (Raihan/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here