6 Poin Preview Sirkuit Mandalika Menurut Simon Crafar

0
6 poin Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika paduan Monza, Hockenheim dan Termas de Rio Hondo. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Saat Tes pramusim MotoGP 2022 di Mandalika, pengamat MotoGP Simon Crafar menyampaikan 6 poin tentang Sirkuit Mandalika. Katanya Mandalika mirip Monza atau Hockenheim dan Termas de Rio Hondo.

Simon Crafar reporter motosport termasuk MotoGP, menyampaikan 6 poin previewnya soal Sirkuit Mandalika. Poin pentingnya adalah Sirkuit termasuk aman dalam soal tata letak.

6 poin Sirkuit Mandalika

Hal lainnya, yakni: 1. Di Mandalika hanya ada 2 titik pengereman keras, di R1 dan R10. 2. Mandalika sirkuit yang mengalir, tapi bukan sirkuit yang butuh daya kuda besar. Walau daya tetap membantu tentunya. 3. Butuh nyali 4 atau 5, sangat cepat, terutama masuk tikungan. 4. Banyak tikungan yang memaksa pengereman keras saat rebah atau buka gas saat rebah. Bisa menyebabkan jatuh front end, dan juga on throttle drift yang spektakuler. 5. sirkuit memiliki runoff besar dan gravel besar, itu berarti aman. 6. Ada banyak titik perubahan arah yang cepat dan ini fantastis mirip Ascari Chicane di Monza atau  Hockenheim jadul! Para tim harus banyak setting agar bisa menaklukkan bagian ini.

Crafar juga menambahkan, usai mengsurvey sirkuit dengan mobil, sejak start/finish hinga R6 menurutnya seperti Misano. Kemudian, setelah Tikungan 6 sampai R10 seperti chicanes di Hockenheim lama atau Ascari di Monza. Dari tepat setelah Tikungan 10 hingga setelah Tikungan 14 seperti Sepang, dan kemudian bagian terakhir benar-benar mengingatkan saya pada bagian terakhir dari Termas de Rio Hondo Argentina. Kesan pertamanya tentang trek ini adalah mega! (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here