Sepeda Motor Goyang Saat Dikendarai, Periksa Bagian-bagian ini

0
Sepeda Motor Goyang
Periksa bagian suspensi fork jika sepeda motor goyang saat dikendarai. Foto: dok NMC

NaikMotor – Pernahkah Anda merasakan sepeda motor tidak stabil atau goyang, baik di jalan lurus maupun saat berbelok? Kira-kira apa penyebabnya?

Goyangan tidak stabil tersebut memang membuat tidak nyaman saat berkendara. Hal yang paling terasa adalah saat melewati marka garis putih dan jalanan bergelombang.

Foto: galih

Menurut Nopy Hanantohan, kepala bengkel Shop & Bike Karawaci, Tangerang, ada beberapa hal yang membuat sepeda motor kesayangan Anda terasa goyang saat dikendarai.

Beberapa penyebab ini bisa Anda rasakan, baik di bagian depan atau belakang motor. Menurut Nopy, ada empat penyebab sepeda motor terasa goyang pada bagian depan bisa berasal dari ban, bearing, shockbreaker, dan komstir.

1. Ban
Cek ban motor Anda, apakah alurnya masih tebal atau sudah menipis. Jangan sampai ban sudah dalam keadaan botak, atau bahkan hingga tali-tali di dalam ban terlihat. Jika hal ini terjadi, segera ganti dengan ban baru.

2. Bearing
Bearing atau laher menjadi salah satu komponen terpenting dari roda sepeda motor yang berfungsi menjaga agar as roda atau poros tidak bergesekan langsung dengan rumah roda.

Sering melibas jalanan tidak rata hingga menembus genangan air yang cukup tinggi bisa menjadi penyebab bearing rusak. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan membuat bulir-bulir bearing bisa longgar atau bahkan pecah sehingga berdampak langsung pada kestabilan motor.

3. Shockabsorber
Perhatikan apakah ada oli yang keluar dari shockabsorber. Jika ada, maka volume oli dalam shockbreaker pastinya telah berkurang. Hal ini bisa menyebabkan motor terasa bergoyang saat dikendarai.

4. Komstir
Sama seperti bearing, komstir juga butuh perhatian khusus jika Anda sering menghajar jalanan rusak. Bulir-bulir di dalam komstir bisa saja sudah renggang, atau bahkan pecah sehingga membuat pengendalian motor kurang mantab.

Di sisi lain, sepeda motor terasa goyang juga bisa terasa di bagian belakang. Meski penyebabnya mirip dengan hal di bagian depan, tetapi ada satu hal yang berbeda, yakni karet mounting arm.

“Jika karetnya sudah lembek atau tidak presisi itu bisa menyebabkan motor goyang,” ucap Nopy.

Jika semua hal di atas sudah dicek dan tidak ada yang bermasalah, maka ada hal terakhir yang menjadi kemungkinan penyebab motor Anda tidak stabil, yaitu pelek.

“Terakhir, motor goyang juga bisa dari pelek yang sudah peang. Ini terjadi karena sering menghajar lubang di jalanan,” tutur pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah tersebut.(Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here