Invasi Rusia ke Ukraina, FIM Beri Sanksi Kepada Tim dan Pembalap Rusia

0
21
Invasi Rusia ke Ukraina
Logo FIM. Foto: FIM

NaikMotor – Invasi Rusia ke Ukraina memaksa Federasi Balap Motor Internasional (FIM) membuat tindakan tegas. FIM memberi sanksi terhadap seluruh tim dan pembalap asal Rusia.

Tak hanya Rusia, FIM juga menjatuhkan sanksi yang sama kepada Belarusia. Pasalnya, Belarusia dianggap sebagai negara sekutu yang mendukung terjadinya invasi tersebut.

Itu artinya, seluruh pembalap, tim, manajer, dan komisaris dari kedua negara tidak akan lagi bisa mengikuti acara atau kegiatan apapun yang disponsori oleh FIM.

Presiden FIM, Jorge Viegas, menyebut bahwa langkah ini ditempuh sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina karena FIM menjunjung tinggi nilai kedamaian.

“Kami bersimpati dan solid terhadap semua penderitaan akibat invasi Rusia ke Ukraina. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anggota Dewan Direksi FIM dalam memutuskan langkah-langkah ini untuk kepentingan olahraga dan perdamaian,” kata Jorge.

“FIM bersama dengan promotor dan penyelenggara telah bertindak atas masalah ini dan membatalkan kompetisi FIM yang dijadwalkan di Rusia, Belarus, dan Ukraina.”

Menurut Jorge, keputusan ini sejalan dengan rekomendasi dan pernyataan yang dibuat oleh Komite Olimpiade Internasional.

FIM berharap fenomena konflik ini cepat berakhir dan semua permalasahan yang ada bisa kembali damai dan berjalan normal seperti sedia kala. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*