Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Telah Selesai Tepat Waktu

0
58
Sirkuit Internasional Mandalika
Sirkuit Interasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Foto: MotoGP

NaikMotor – Pengaspalan ulang Sirkuit Internasional Mandalika akhirnya telah selesai dikerjakan. Sirkuit yang berada di Nusa Tenggara Barat ini akan menjadi ajang balap MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Kabar baik ini disampaikan langsung oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) lewat akun Instagramnya pada Rabu (9/3/2022).

Pelapisan ulang sirkuit dilakukan mulai pada bagian sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan lima, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

“Saat ini progress pengaspalan ulang main track Pertamina Mandalika International Circuit dengan Stone Mastic Asphalt atau SMA sepanjang 1,2 km yang dimulai dari tikungan 17 sampai dengan tikungan 5 sudah selesai sesuai target,” tulis ITDC.

Sebelumnya, proses ini sudah dimulai dengan pengelupasan dan pembersihan lapisan aspal eksisting. Berbagai simulasi juga dilakukan untuk mendapatkan komposisi yang paling tepat dan kuat.

Kemudian, pemasangan aspal direncanakan dilakukan pada 4-8 Maret dan perbaikan ini diprediksi rampung dikerjakan pada 10 Maret. Namun, para petugas bisa menyelesaikan tugasnya sebelum tanggal 10 hari ini.

“Kami dan tim di lapangan sangat optimis perbaikan lintasan bisa selesai pada 10 Maret dan dipastikan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM,” kata Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, Rabu pekan lalu.

Pengaspalan ulang ini adalah sebagai bentuk tindakan konkrit dari ITDC dan MGPA yang berdasarkan evaluasi dari FIM dan Dorna setelah melakukan sesi tes pra-musim MotoGP pada pertengahan Februari kemarin.

Pasalnya dalam sesi tes pramusim tersebut, sejumlah pembalap MotoGP mengeluhkan kondisi aspal Sirkuit Mandalika. Mereka pun memberi saran untuk segera dilakukan perbaikan sebelum hari H balapan tiba.

Namun di balik itu semua, banyak pembalap MotoGP yang juga kagum akan keindahan sirkuit baru ini. Bahkan, MotoGP melabeli Sirkuit Mandalika sebagai salah satu sirkuit terindah di dunia. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*