Ini Alasan MotoGP Mandalika Digelar Sebanyak 27 Lap

0
82
Sirkuit Mandalika
Sesi tes pramusim Sirkuit Mandalika pada Februari 2022. Foto: MotoGP

NaikMotor – Sebanyak 27 lap akan dilakukan oleh para pembalap dalam MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret mendatang. Hal ini dilakukan tentu bukan tanpa alasan.

Biasanya, MotoGP hanya menggelar sebanyak 20 atau 22 lap saja dalam satu seri. Tetapi, khusus seri Mandalika akan dijalani dengan lap yang lebih banyak, yakni sebanyak 27 lap.

Penambahan lap ini rupanya sudah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan FIM. Dalam aturannya, balapan harus berjalan selama 40-50 menit dengan jarak tempuh sejauh 100-130 km dalam sekali seri balapan.

Sirkuit Internasional Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan sejauh 4,3 km. Dengan begitu, maka sirkuit ini akan menempuh jarak 113 km dalam 27 lap.

Banyaknya lap dalam satu seri juga dialami oleh sirkuit lainnya, yakni Sirkuit Ricardo Tormo (Spanyol), Sirkuit Phillip Island (Australia), dan Sirkuit Misano (Italia). Ketiga sirkuit ini memiliki panjang lintasan yang kurang panjang, maka balapan harus dijalani dengan lebih banyak lap.

Catatan waktu tercepat di Sirkuit Mandalika dengan sirkuit lainnya juga hampir mirip. Pada sesi tes pramusim Februari kemarin, Pol Espargaro (Repsol Honda) meraih waktu terbaik satu menit 31,060 detik.

Lalu di Sirkuit Ricardo Tormo, catatan waktu terbaik dicetak oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dengan waktu satu menit 31,042 detik. Pembalap asal Italia ini juga mencatatkan waktu tercepat satu menit 32,171 detik di Sirkuit Misano. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*