Aprilia RS-GP 2016, Kruk As Terbalik dan Lebih Ringan 10 Kg

0
198
Aprilia-RS-MotoGP-2016-ringan
Aprilia RS-GP 2016 pacuan Alvaro Bautista dan Stefan Bradl sudah dicoba di Sirkuit Losail, Qatar.Foto: Aprilia Racing

Doha (naikmotor) – Jika tim-tim utama di MotoGP memilih melakukan sesi tes resmi pra musim di Sirkuit Phillip Island, Australia pekan lalu, Aprilia Gresini Racing justru memilih untuk melakukan sesi tes privat di Losail, Qatar akhir pekan lalu. Tentunya ada kabar yang menyenangkan, sebab kali ini mereka memboyong Aprilia RS-GP terbaru hasil pengembangan di markas Noale, Italia.

Meski tak merilis lap tercepatnya, namun impresi para pembalap pada hasil tes di sirkuit kebanggaan Qatar itu, cukup positif. Baik Alvaro Bautista maupun Stefan Bradl, merasa cukup positif pada pengalaman pertama mereka menggunakan motor baru tersebut.

Perubahan terbesar terdapat pada rotasi putaran pada crankshaft alias putaran kruk as yang memutar ke arah sebaliknya dari versi terdahulu. Meski tak disebutkan sisi positif dari sistem mekanis terbalik itu, namun jelas Aprilia mengklaim bobot motor mereka berkurang 10 kg.

“Kami melakukan sesi tes privat selama tiga hari bersama pembalap utama. Jelas kami membawa pulang banyak informasi tentang motor tersebut dan juga mengumpulkan data untuk mencari solusi pada kelemahannya. Namun secara keseluruhan performa dinamis pada motor ini jauh lebih baik dari motor tahun sebelumnya,” ujar Romano Albesiano, selaku Direktur Teknis Aprilia.

Albesiano menegaskan bahwa motor ini adalah motor ril Aprilia untuk tipe RS-GP. Meski belum 100 persen mencapai hasil pengembangannya, paling tidak sudah memiliki performa yang sangat baik untuk fase awal.

Baik Bautista maupun Bradl, keduanya menganggap bahwa pengembangan yang dilakukan oleh Aprilia sudah berada di jalur yang benar. Untuk menjaga hasil pengembangan awal mereka, Aprilia masih akan menjaga kerahasiaan lap tercepat yang mereka raih. Hingga motornya benar-benar siap untuk membuktikan performa dengan motor tim lain di sesi tes resmi pra musim yang terakhir nantinya. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*