Mahasiswa Argentina Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air Garam

0
53
Santiago Hernandez
Santiago Hernandez, mahasiswa Argentina yang berhasil ciptakan air garam sebagai bahan bakar motor. Foto: La Moto Argentina

NaikMotor – Kendaraan berbahan bakar bensin atau listrik memang sudah biasa di era saat ini. Tetapi, sepeda motor dengan mengandalkan air garam sebagai bahan bakarnya memang belum pernah ada sebelumnya.

Baru-baru ini, mahasiswa asal Argentina berhasil menciptakan mesin motor yang berbahan bakar air garam. Penemuan ini dinamai dengan sebutan Hernandez Project.

Penemuan ini dilakukan oleh Santiago Hernandez sebagai bentuk tugas perkuliahannya. Ia sendiri mengambil jurusan ilmu kimia.

Hernandez mengaku bahwa saat dirinya tengah mempelajari elektrolisis, ia mendapat ide untuk mengubahnya menjadi tenaga penggerak yang mampu menggerakkan kendaraan, dalam hal ini adalah sepeda motor.

Elektrolisis merupakan sebuah proses di mana senyawa ionik (garam) ditambah soda menghasilkan gas hidrogen (H2) dan oksigen. Kedua atom itu ternyata dicampurkan kembali di karburator untuk masuk ke ruang bakar dan menghasilkan tenaga. Daya listrik untuk elektrolisis dihasilkan dari probe yang ada di tabung kaca (tangki bahan bakar), pecahan molekul air garam.

“Kami membutuhkan orang-orang di dunia yang dapat berinovasi dan bisa didukung banyak orang. Itu akan membutuhkan modifikasi struktural, terutama dengan peralatan yang mirip dengan gas alam terkompresi (CNG),” kata Hernandez.

Dalam penemuan ini, Hernandez menggunakan tabung kaca sebagai pengganti tangki bahan bakar sekaligus sebagai tabung reaksi elektrolisis. Nantinya, air laut pun dimasukkan ke dalam tabung untuk menghasilkan campuran bahan bakar yang mampu  untuk menggerakkan roda.

Meski begitu, penemuan ini tetap memiliki risiko tersendiri, yakni tabung kaca tersebut berpotensi meledak. Untuk itu, Hernandez merekomendasikan penggunaan tabung CNG agar lebih aman.

Di sisi lain, Hernandez pun berjanji jika akun TikTok dirinya (@santyherrera01) mencapai 10.000 followers, ia akan membuat video tutorial cara membuat sistem yang serupa. Jadi, orang-orang dapat mencoba melakukan penemuan ini di rumah masing-masing. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*