Ban Pirelli SCQ Akan Menjadi Q di WorldSBK 2022

0
Ban Baru di Assen
Untuk kualifikasi WorldSBK musim 2022, Pirelli akan menyediakan ban SCQ. Foto: pirelli

NaikMotor – Ban Pirelli SCQ akan menjadi ban Q di Tissot Superpole WorldSBK 2022. SCQ akan menggantikan SCW mulai seri Pembuka di Aragon, 8-10 April 2022.

Dalam musim WorldSBK 2022, ban Q yang selama ini digunakan akan digantikan Pirelli SCQ. Ban lama SCW tidak akan digunakan lagi untuk sesi kualifikasi kejuaraan dunia Superbike itu.

Pirelli telah menguji ban SCQ dalam beberapa tes pramusim termasuk di Jerez, tetapi anehnya belum menyediakannya saat Tes Barcelona lalu. Para Pembalap masih menggunakan ban SC0 atau SCX selama pengujian. Ketika seri WorldSBK 2021 Barcelona lalu, juara Race2 Michael Ruben Rinaldi dari tim, Aruba.it-Ducati menggunakan ban SCO, sementara Alvaro Bautista pesaingnya ketika masih di Honda menggunakan ban SCX.

Direktur Motorsport Pirelli, Giorgio Barbier, mengkonfirmasi bahwa ban SCQ baru untuk 2022 akan menjadi ban Q di Tissot Superpole, mulai dari seri Aragon. Barbier mengatakan, “Ban Q akan hilang sejak dari Aragon Hanya akan ada SCQ baru. Anda akan melihat beberapa pembalap menggunakan ban Q lama di sini, tapi itu karena mereka memiliki sisa dari tes lain dan hanya untuk membuat waktu putaran. Kami cukup yakin bahwa SCQ baru akan lebih cepat dari SCX, cukup cepat untuk mereka.”

Meski ban dikembangkan saat musim dingin, Barbier menyebut ada target pengembangan lainnya, “SCQ dikembangkan untuk 10 putaran Superpole. Target pertama bagi kami adalah menjadi lebih cepat dari SCX untuk memberikan kesempatan kepada Pembalap untuk menjalani Superpole dengan benar. Kemudian, ketika ban sudah cukup berkembang, kami akan membuatnya untuk Superpole Race. Saat ini, kami melihat ini di tes musim dingin, dan kami menyiapkan versi baru yang akan tersedia di tes, mungkin, mengubah spesifikasi untuk Estoril. Untuk dua balapan pertama, SCQ akan tetap seperti sekarang.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here