Ditlantas Polda Jatim Beri Tips Mudik Aman, Jaga Kesehatan Jadi Hal Utama

0
19
Mudik pakai motor didenda
Mudik dengan sepeda motor 2019. Kini, karena pandemi Covid-19, mudik dilarang. Foto: NMC

NaikMotor – Pemerintah RI akhirnya memberikan izin untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman (mudik) pada libur Lebaran 2022 ini. Untuk itu, Polda Jawa Timur (Jatim) memberi sejumlah tips mudik.

Menurut Kombes Pol Latif Usman selaku Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, menjaga kondisi kesehatan pemudik menjadi tips yang utama karena sangat vital.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pemudik diimbau untuk membekali dirinya dengan tidur yang cukup dan makan makanan bergizi. Tentu hal ini sangat berguna demi menjaga fokus saat berada di jalanan.

Lalu, hal kedua yang menjadi fokusnya adalah kesiapan kendaraannya. Apapun bentuk kendaraannya, pastikan persiapannya sudah matang, seperti kelengkapan barang dan mengisi penuh tangki bahan bakar.

“Nah setelah itu kesiapan kendaraannya, dan kelengkapan. Yang paling penting itu bensin, jarak tempuhnya harus diperkirakan. Jangan sampai di tengah jalan kehabisan bensin,” kata Latif.

Pemudik juga harus mengetahui jarak tempuh dan medan dari lokasi yang dituju. Pasalnya, perjalanan ini akan memakan waktu yang cukup lama sehingga perlu adanya pengetahuan tentang sepanjang perjalanan.

“Misalnya dari Madiun mau ke Surabaya dengan motor, itu bisa sampai 4 jam. Minimal berhenti 2 kali untuk istirahat di rest area. Itu harus diketahui betul,” ujar Latif.

Untuk itu, Latif mengimbau kepada para pemudik agar bisa memanfaatkan rest area yang sudah disediakan. Tips mudik terakhir dari Polda Jatim adalah jangan lupa juga untuk meminta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa selama di perjalanan.

“Kita sudah siapkan semuanya. InsyaAllah kalau kita mempersiapkan diri dan kendaraan, kita akan selamat sampai tujuan. Utamanya yang paling penting itu, jangan lupa berdoa. Semoga mudik tahun ini bisa berjalan lancar,” ucap Latif. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*