4 Layanan Polri dalam Wujudkan Mudik Lebaran yang Aman dan Lancar

0

NaikMotor – Kepolirian RI (Polri) terus melakukan upayanya dalam menciptakan perjalanan pulang kampung (mudik) yang aman dan nyaman saat libur Lebaran 2022 ini. Untuk itu, Polri memberikan 4 layanan mudik terbaiknya.

Dalam kegiatan yang bertajuk ‘Operasi Ketupat 2022’ ini, Polri bersama instansi terkait melakukan langkah-langkah antisipatif agar perjalanan para pemudik tetap aman dan lancar.

Nantinya, ada sebanyak 144.392 personel gabungan Polri dan TNI serta pemerintah daerah yang juga terlibat dalam pengamanan operasi kemanusiaan ini. (Galih/Prob/NM)

Berikut 4 layanan Polri demi kelancaran dan kenyamanan mudik Lebaran 2022

1. Mendirikan 2.702 posko mudik plus gerai vaksinasi
Posko pengamanan dan pelayanan tersebut ditempatkan di pusat keramaian hingga lokasi objek wisata untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan mudik.

2. Rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi macet
Kementerian perhubungan (Kemenhub) memprediksi ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan untuk mudik, di mana tujuan pemudik akan mengarah ke daerah-daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jabodetabek dan Lampung.

3. Pelayanan mudik gratis
Polri bersama pemerintah mendorong masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum, seperti bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat udara. Selain untuk menghindari lonjakan kendaraan pribadi saat mudik Lebaran, hal ini juga dilakukan demi meminimalisir jumlah kecelakaan pemudik yang menggunakan sepeda motor.

4. Layanan informasi bagi pemudik
Polri menyiapkan layanan informasi publik untuk memberikan masukan dan informasi terkait pergerakan lalu lintas melalui beberapa sarana media sosial hingga hotline. Polri pun telah menggandeng tim komunikasi publik yang bekerja sama dengan 116 pemancar radio di sepanjang jalur Lampung, Jakarta, Bali, dan juga menggunakan Teori TV dan Radio RRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here