Masuk Hall of Fame, Jorge Lorenzo Resmi Jadi Legenda MotoGP

0
Jorge Lorenzo Hall of Fame MotoGP
Jorge Lorenzo resmi menjadi legenda MotoGP dengan masuk di Hall of Fame MotoGP, Sabtu (30/4/2022). Foto: MotoGP

NaikMotor – Jorge Lorenzo resmi dinobatkan menjadi legenda MotoGP. Penghargaan ini ditandai dengan penyematan namanya ke dalam Hall of Fame MotoGP pada Sabtu (30/4/2022).

Acara Hall of Fame MotoGP dilaksanakan menjelang gelaran seri keenam MotoGP 2022 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Sirkuit ini juga merupakan awal mula perjalanan karier mantan pembalap 34 tahun tersebut.

Selama karier balapannya, Lorenzo memulai debutnya di kelas 125cc di Jerez pada 2002 lalu. Tiga tahun berselang, ia naik kelas ke 250cc dan merebut dua gelar juara dunia.

Pada tahun 2008, Lorenzo langsung naik ke kelas MotoGP dengan berseragam Fiat Yamaha Team. Di ajang tertinggi balap motor ini, pembalap berjuluk X-Fuera tersebut mampu meraih 3 gelar juara dunia, yakni pada tahun 2010, 2012, dan 2015.

Sayangnya, kariernya mulai menurun ketika bergabung dengan tim Ducati dan Repsol Honda Team. Ia pun akhirnya memutuskan pensiun di akhir MotoGP musim 2019.

Jorge Lorenzo Hall of Fame MotoGP
Jorge Lorenzo bersama dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

“Saya datang ke trek (Jerez) ini 20 tahun yang lalu saat masih berusia 14 tahun. Jadi, saya melihat banyak pembalap hebat juga dari sini, termasuk Dani Pedrosa. Saya pun terinspirasi oleh kehebatan mereka,” kata Lorenzo.

“Sekarang, saya mendapat kehormatan menjadi legenda MotoGP dari Dorna. Tentu hal ini lebih berarti daripada sekadar memenangi balapan. Sebab, semua legenda MotoGP adalah pembalap yang hebat, tetapi tidak semua pembalap yang hebat bisa menjadi legenda. Saya sangat bersyukur dan bangga atas prestasi ini.”

Di sepanjang kariernya, Lorenzo telah memenangi 68 balapan dan naik podium sebanyak 152 kali. Dengan catatan tersebut, serta 5 gelar juara dunia, pembalap asal Spanyol ini sukses menempatkan namanya bersanding di Hall of Fame MotoGP bersama legenda-legenda lainnya, seperti Giacomo Agostini, Mick Doohan, Angel Nieto, Kevin Schwantz, Casey Stoner, Nicky Hayden, Dani Pedrosa, hingga yang terbaru adalah Valentino Rossi. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here