Peduli Pendidikan Vokasi, BRP Buka SeaDoo Class di SMKN 56 Jakarta

0
32
BRP Buka SeaDoo Class
BRP SeaDoo Class untuk PKL siswa SMKN 56 Jakarta. Foto: istimewa

NaikMotor – Bombardier Recreational Products (BRP) Indonesia peduli pendidikan vokasi. BRP buka SeaDoo Class untuk PKL siswa di SMKN 56 Jakarta, (22/4/2022).

BRP Indonesia sebagai distributor regional kendaraan petualangan dengan merek Sea-Doo dan Can-Am untuk wilayah Indonesia dan Malaysia, bekerja sama dengan SMKN 56 Jakarta dalam mengembangkan lulusan vokasi yang link and match dengan kebutuhan industri melalui program praktik kerja lapangan dan fasilitas belajar di sekolah yaitu Sea-Doo Class.

Sea-Doo Class merupakan buah dari kerja sama antara BRP Indonesia dengan SMKN 56 Jakarta yang telah berjalan sejak tahun 2021. Dimulai dengan program praktik kerja lapangan (PKL) yang diikuti oleh sekitar 12 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan untuk secara langsung mempraktikkan ilmunya secara teknis dengan unit personal watercraft (PWC) merek Sea-Doo dan kendaraan off-road maupun on-road merek Can-Am.

BRP Buka SeaDoo Class

CEO BRP Indonesia, Enderi Andreanto mengatakan kerja sama ini merupakan salah satu upaya BRP Indonesia untuk bersinergi dengan dunia pendidikan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan siap terjun di dunia kerja.

“Dengan adanya program PKL dan Sea-Doo Class, BRP Indonesia berharap untuk bisa memberi manfaat nyata di dunia vokasi dan berperan nyata dalam link and match pengembangan guru dan siswa sehingga sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri,” tutur Enderi.

Sebagai kelanjutan dari kerja sama, BRP Indonesia menyumbangkan 2 unit Sea-Doo yang digunakan oleh guru serta siswa untuk pembelajaran in-class. Selain dengan pembekalan materi dan praktek untuk guru dan siswa SMK, di tahun ini BRP Indonesia juga tengah mempersiapkan materi pembelajaran khususnya untuk pemeliharaan PWC untuk menjadi kurikulum yang akan diajarkan di SMKN 56 Jakarta jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

“Saya atas nama SMKN 56 Jakarta mengucapkan banyak terima kasih atas program ini, semoga kerja sama dengan BRP Indonesia menjadi pintu untuk pengembangan SDM yang mumpuni di bidang Kendaraan Air di kemudian hari. Kami sangat merasa terhormat karena
SMKN 56 Jakarta menjadi SMK pertama yang bekerja sama dengan industri kendaraan rekreasional di bidang air,” terang Kepala Sekolah SMKN 56 Jakarta, M. Bakrie Akkas.

Acara peresmian Sea-Doo Class ini dilaksanakan di akhir bulan April lalu (22/04) yang bertempat di SMKN 56 Jakarta. Pada kegiatan ini, perwakilan dari pihak BRP Indonesia diajak school tour melewati berbagai fasilitas sekolah yang dimiliki SMKN 56 Jakarta, disambut dengan prosesi kalungan bunga dan tari-tarian adat Betawi, dilanjutkan dengan sambutan serta penandatanganan surat kerja sama atau MOU antara kedua belah pihak. Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Kasie SMK Kelembagaan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bapak Ramli dan Sub Koordinator Hubungan Antar Lembaga SMK Kemenristekdikti, Ibu Tri Haryani, serta perwakilan dari BRP Asia Pasific, yaitu David Baker selaku General Manager BRP Asia Pacific, Danilo Catalucci sebagai Regional Commercial Manager EAPI & Japan, dan Arie Atmadi selaku District Sales Manager EAPI.

Kegiatan ini ditutup dengan praktek pemeliharaan Sea-Doo yang dilakukan oleh siswa SMKN 56 Jakarta yang telah dan sedang mengikuti program praktik kerja lapangan.(Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*