WSBK 2016: Chaz Davies Ingin Ubah Strategi Lap Terakhir

0
40
Davies-Ubah-Strategi-WSBK-Aus
Chaz Davies melewatkan peluangnya mengunci podium WSBK Australia race kedua setelah terjatuh di lap terakhir. Foto: Dorna WSBK

Phillip Island (naikmotor) – Trik Jonathan Rea untuk meraih kemenangan di race kedua World Superbike Championship (WSBK) yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Australia pada Minggu (28/2/2016), terbilang sukses. Kendati di beberapa tikungan Ia cukup lemah dari performa Ducati, namun Ia mampu memanfaatkan peluang dengan cukup baik.

Kondisi sebaliknya justru terjadi pada Chaz Davies. Pembalap Aruba.it Racing Ducati asal Inggris yang berpeluang besar meraih kemenangan di race kedua WSBK Australia itu, bernasib nahas. Ia terjatuh di lap terakhir dan dua tikungan menjelang garis finish ketika ingin menyusul Rea dari jalur sebelah dalam.

Kondisi ini membuatnya tak bisa berbuat banyak, karena Rea memang memberikan ruang untuk melakukan manuver seperti itu. Namun Davies terlena dengan kecepatan di tikungan Lukey Heights. Lantaran dengan kecepatan masuk ke tikungan seperti itu, risiko terbesarnya adalah melakukan pengereman lebih ekstrem dan rentan terjatuh.

“Tidak banyak yang bisa saya lakukan pada posisi tersebut. Awalnya saya merasa sangat percaya diri bisa menyusulnya dari sisi tersebut. Tapi Rea malah ubah strategi dan mengambil jalur sedikit melebar sesaat memasuki tikungan. Saya terpaksa mengambil jalur sebelah dalam dan keluar tikungan melebar,” Davies memberikan keterangan.

Karena sudah menekan tuas rem lebih dalam dan kondisi ban depan sudah cukup aus, maka tak ayal Ia pun terjatuh. Meski bisa bangkit kembali, tapi posisi finisnya cukup jauh dari sang pemenang.

“Saya hanya butuh mengubah strategi untuk mencecar lawan di lap terakhir. Karena strategi seperti ini memang tidak tepat. Jelas ini menjadi tugas berat, karena beda sirkuit akan beda pula strategi yang akan diaplikasikan.” (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*