5 Ciri-ciri Busi Motor akan Mati, Harus Segera Diganti

0
Busi sepeda motor
Busi sepeda motor. Foto: istimewa

NaikMotor – Busi merupakan sebuah komponen pada sepeda motor yang cukup penting. Jika busi mati, maka sepeda motor tidak akan menyala.

Busi sendiri memiliki peran untuk menyalurkan listrik dan melakukan pembakaran sehingga diolah menjadi sumber tenaga dalam kendaraan bermotor.

Melihat fungsinya yang vital, busi tentu harus dalam keadaan sehat. Untuk mengetahui ciri-ciri busi akan mati, Speedwork Autocare selaku bengkel motor milik PT Gajah Tunggal Tbk, memberikan tips 5 ciri-ciri busi harus segera diganti baru. (Galih/Prob/NM)

Berikut 5 ciri-ciri busi motor akan mati menurut Speedwork:

1. Perhatikan suara mesin saat mesin dihidupkan. Suara mesin saat langsam atau diam biasanya terdengar halus dan konstan. Tapi jika suara mesin terdengar kasar dan membuat motor terasa getaran kemungkinan busi motor Anda perlu diganti.

2. Ketika mesin motor mulai sulit untuk dihidupkan baik menggunakan electric starter maupun kick starter. Hal ini dikarenakan busi tidak memberikan percikan api yang cukup pada pengapian di ruang bakar yang mengakibatkan motor akan susah dinyalakan. Kerusakan pada busi juga dapat memicu aki menjadi boros.

3. Yang bisa dirasakan adalah adanya missed fire dalam ruang bakar alias silinder. Gejalanya adalah mesin berhenti sesaat (delayed) dan kembali berfungsi seperti biasa.

4. Busi mati juga bisa terjadi akibat setingan mesin yang tidak tepat. Seperti adanya surging atau pasokan udara yang terlalu besar di ruang bakar. Udara yang terlalu banyak juga akan menyebabkan busi cepat kotor dan akan mati, periksakan setelan karburator atau sistem injeksi pada mesin secara berkala. Jika motor mulai terasa boros, itu merupakan gejala busi juga perlu diganti karena proses pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar.

5. Rasakan akselerasi motor. Jika tidak maksimal, perlu dicurigai kondisi busi sudah buruk. Saat busi bermasalah, motor biasanya jadi tidak responsif saat dibuka gasnya, sehingga akselerasi terasa tertahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here