Begini Posisi Tubuh yang Tepat Saat Berkendara Sportbike

0
26
Yamaha R15M
Mengendarai motor sport full fairing akan lebih cepat lelah ketimbang motor jenis lain. Foto: Yamaha Indonesia

NaikMotor – Sportbike full fairing memang punya tampilan yang lebih keren dan sporty. Namun, berkendara motor sport fairing lebih cepat pegal karena posisi tubuh yang lebih menunduk dari motor jenis lainnya.

Sejauh ini, motor sport fairing memang punya segmen pecintanya tersendiri. Berbagai fitur menarik dan terkini telah disematkan agar motor tersebut lebih memanjakan penggunanya.

Namun, tentu ada kekurangan dari motor berjenis ini, yakni tubuh lebih cepat lelah karena posisi yang lebih menunduk. Sangat berbeda ketika beralih mengendarai motor berjenis naked, bebek, atau bahkan skuter matik, tentu akan lebih santai.

Maka dari itu, Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberi sejumlah tips tentang posisi tubuh yang tepat saat mengendarai motor sport fairing. (Galih/Prob/NM)

Yamaha R15M
Perhatikan posisi tubuh agar tidak cepat lelah saat mengendarai motor full fairing.

Berikut tips posisi tubuh yang tepat saat berkendara motor sport fairing.

1. Kenali karakter posisi berkendaranya agar biker dapat menyesuaikannya ketika menjajal motor sport fairing.

2. Walaupun tipe motor sport dan posisi tubuh cenderung menunduk, namun badan diupayakan selalu relaks.

3. Posisi kepala menghadap ke depan agar pandangan tetap luas, hindari terlalu menunduk karena akan membuat pandangan terbatas dan akan sulit jika melewati jalan dengan banyak tikungan.

4. Bahu dan tangan menyesuaikan posisi stang, usahakan tangan tetap menyiku. Hindari posisi tangan lurus ini akan membuat pengendalian kurang maksimal terutama saat menikung.

5. Pegang stang motor dengan cukup kuat dan relaks, hindari terlalu kuat dan kaku ini akan membuat pengendalian akan lebih sulit.

6. Posisi duduk menyesuaikan dari posisi tangan dan bahu serta postur/tinggi badan pengendara dengan target tetap relaks.

7. Posisi lutut mendekap tangki/bodi sepeda motor baik saat trek lurus maupun tikungan untuk menjaga keseimbangan sepeda motor.

8. Posisi kaki menghadap ke depan, hindari posisi terbuka. Juga hindari selalu stand by di atas rem/pedal shift, tanpa sadar ditakutkan kaki selalu menginjak rem dan motor mengerem.

LEAVE A REPLY

*